Manado, Kp - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Manado, dr Graisti Liana menuturkan, untuk penggantian kartu sebaiknya sesegera mungkin dilakukan oleh peserta, namun bukan berarti kartu lama tidak berlaku. 

 

 

 

"Saya sampaikan dengan tegas bahwa kartu lama masih berlaku, karna yang intinya disini adalah nomor kartu. Nomor kartu adalah nomor identitas kepesertaan JKN kis melekat seumur hidup bagi setiap peserta/jiwa. Jadi, walaupun kartunya beda tapi nomor kartu tetap sama",terangnya.

 

Tambahnya, sedangkan kartu jamkesmas dan jamkesda semuanya sudah dalam bentuk kartu kis, untuk pns, tni polri, pensiunan dan mandiri ada yg masih memegang kartu lama. 

 

 

 

Namun, kartu lama masih tetap berlaku.

 

 

 

"Hal ini dikarenakan mungkin masih belum mengerti. Untuk cakupan keikut sertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) berdasarkan roadmap Undang-undang, bahwa paling lambat 1 jan 2019 semua penduduk wajib menjadi peserta jkn kis,"tuturnya.

 

 

 

Lebih lanjut dijelaskan tentang sanksi, di PP 86 tahun 2013 dicantumkan yang berhak memberikan sanksi adalah pemerintah dalam hal ini satker terkait, lintas sektor.

 

Ditegaskan dalam keikut serta dan menghindari Calo, yang perlu ditekankan disini selalu disampaikan kepada masyarakat bahwa dalam kepengurusan administrasi kepsertaan bpjs kesehatan tidak dimungut biaya apapun atau gratis,tandasnya.

 

(erick)

 

Terpopuler

Peringati HUT ke 74, TNI Gelar Bakti Sosial
28 Sep 2019 07:16 - Redaksi

 Mayjen TNI Tiopan Aritonang.   MANADO kabarpost.com - Pendam XIII/Mdk, Kodam XIII/Merdeka menye [ ... ]

Balai Sungai Presentasikan Penataan Area Waruga da...
01 Aug 2018 15:15 - Redaksi

Presentasi yang dilakukan Balai Sungai.    MANADO Kabarpost.com - Rabu (1/8/2018) siang, bertemp [ ... ]

Karna Miras, 6 Pemuda Diciduk
21 Aug 2019 12:51 - Redaksi

Anggota Polsek Malalayang.   MANADO kabarpost.com - Anggota SPKT Polsek Malalayang mengamankan en [ ... ]

Adolf Binilang Jabat Plh Bupati Talaud
20 Jul 2019 14:36 - Redaksi

Wagub Sulut Steven Kandouw saat menyerahkan SK kepada Binilang disaksikan Karo Pemerintahan Jemmy Ku [ ... ]

Other Articles