Manado, Kp - Ketua Umum DPP Institut Lembang 9 Tim Wapres RI,H M Alwi Hamu mengatakan,

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dalam memilih salah satu program studi (Prodi) kelautan dan perikanan harus dikembangkang terus.

 

"Karena hal ini akan mendukung program nasional dalam poros maritim dunia," ujarnya dalam kegiatan Rembuk Nasional Kemaritiman yang digelar di Auditorium Unsrat Manado, Kamis (19/10/2017). 

 

Lanjut dikatakan Alwi Hamu bahwa, kali ini masalah kelautan dilaksanakan di Manado, karena masalah-masalahnya yang muncul juga salah satunya di Manado (Sulut). 

 

"Memang banyak dari Papua, Maluku, bagian Jawa, namun disini (Manado) merupakan tempat yang bagus karena memiliki perguruan tinggi/Unsrat dengan Prodi Kelautan," terang Hamu, kepada wartawan usai pelaksanaan Rembuk Nasional Kemaritiman 2017 yang dihadiri unsur terkait akademisi Unsrat, TNI AL dan Kepolisian.

 

 

Masih lanjut katanya, dengan kegiatan ini pihaknya bisa menelaah apakah isu-isu yang muncul selama ini bahwa tindakan dari Menteri Kelautan Perikanan itu dampaknya 'merusak' ataupun bagaimana.

 

 

 

"Kemarin sudah ada FGD bersama ahli/profesor kelautan yang dibawa dalam rembuk Nasional dengan tujuan mengumpul menerima saran, kesimpulan dan keluhan dari kelompok-kelompok pelayaran serta praktisi dan pebisnis. Sehingga mereka bisa mengambil manfaat dari pertemuan ini dari para ahli, serta hal ini akan disampaikan kepada pak Wakil Presiden RI (Jusuf Kalla)," jelas Hamu lagi.

 

 

 

Sebelumnya dalam kegiatan rembuk kemaritiman, Rektor Unsrat Manado, Prof Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengatakan bahwa kebijakan nasional tentang kemaritiman sesuai program Nawacita itu tentu harus ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang tepat pada setiap daerah.

 

 

 

"Diharapkan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dapat diperkuat, misalnya melalui percepatan pembangunan infrastuktur serta pemberdayaan sektor ekonomi yang berkaitan dengan perikanan rakyat," terang Kumaat.

 

 

 

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang di wakili oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulut, Ir Ronald Sorongan, mengatakan Gubernur berharap kegiatan ini mampu meningkatkan sinergitas, visi, persepsi dan langkah kita dalam membangun daerah dan bangsa kedepan, khususnya di sektor kemaritiman.

 

 

 

"Pemprov Sulut mengapresiasikan kegiatan ini karena sangat bermanfaat berdampak juga dalam pertumbuhan ekonomi rakyat khususnya di bidang kelautan," kata Sorongan.

 

 

 

 

 

 

(ain)

 

Terpopuler

Tonggak Bersejarah, Hari Ini Deklarasi PRIMA
01 Jun 2021 06:17 - Redaksi

PRIMA   MANADO Kabarpost.com - Hari ini, Selasa (1/6) bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Par [ ... ]

Lebaran Ketupat di Boltim Berlangsung Meriah
23 Jun 2018 05:11 - Redaksi

Pewarta Biro Boltim.    BOLTIM Kabarpost.com - semarakan Lebaran Ketupat Kabupaten Bolaang Mongo [ ... ]

Peringati Setahun Kepemimpinan, JEG-HH Lakukan Ini...
20 May 2018 18:44 - Redaksi

Pemerintahan Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana dan Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong.    SANGI [ ... ]

Pengurus PWI Bolmut Resmi Di Lantik
27 Jul 2020 04:33 - Redaksi

Pelantikan PWI Bolmut.   BOLMUT Kabarpost.com - Senin (27/7), Pengurus Persatuan Wartawan Indones [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri