Manado, Kp - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia  (RI), Ignasius Jonan bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE , meresmikan  lima Sumur Bor bagi masyarakat sulit air di Desa Warisa, Kampung Baru Kecamatan Kalawat Minahasa Utara sabtu (21/10/2017) Siang.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM, Ignasius Jonan  mengatakan, sumber daya air termasuk di dalamnya air tanah adalah merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang harus kita syukuri karena merupakan bagian yang cukup penting dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari bagi mahkluk hidup di dunia, katanya.

"Oleh karena itu,  perlu dilakukan upaya oleh pemerintah dalam rangka untuk memanfaatkan sumber air tanah melalui eksplorasi dan pembangunan sumur bor air tanah yang secara hidrogeologis masih memungkinkan dijumpai kandungan air tanah dalam jumlah cukup memadai," ujar Jonan

 

Lanjut dikatakan Jonan, Pembangunan sumur bor air tanah beserta fasilitasnya di wilayah Povinsi Sulawesi Utara sudah dilakukan Kemanterian ESDM   sejak tahun 2007 hingga tahun 2017 dengan jumlah 28 sumur bor yang tersebar di kabupaten /kota. "Saat inilima sumur bor yang terdapat di daerah Minut Desa Warisa Kampung Baru Kecamatan Talawaan  2 buah sumur bor, Desa Maen Kecamatan Likupang Minut 1 sumur bor, Desa Teling Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa  1 sumur bor , Desa Pinapalangkow Kecamatan Suluun Tareran Minahasa Selatan dan Kelurahn Lirang Kecamatan  Lembeh Utara Kota Bitung 1 sumur bor," jelasnya. 

 

Jonan juga menambahkan di Sulut masih terdapat  beberapa lokasi yang mengalami kesulitan untuk mendapat air bersih, sehingga pada tahun 2018  Kemanterian ESDM akan mengalokasikan delapan sumur bor. "Itu semua untuk program kegiatan pengeboran air tanah di wilayah yang mempunyai potensi untuk dilakukan pengembangan pemanfaatan air tanah sesuai dengan kondisi geologi," janji Menteri ESDM ini. 

 

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE mengatakan atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat sulawesi utara, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian ESDM  atas bantuan berupa 5  sumur bor bagi masyarakat. "Hal ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah pusat bagi kemajuan pembangunan daerah dan masyarakat di daerah Sulawesi Utara," katanya. (Ain)

Terpopuler

HUT Bhayangkara ke 74 Dibarengi Upacara Laporan Ke...
01 Jul 2020 12:22 - Redaksi

Upacara HUT Bhayangkara  ke 74 Polresta Manado.   MANADO Kabarpost.com - Dipuncak acara hari Bha [ ... ]

Selebrasi Paskah AEYA, Pemuda Gereja Diajak Menjad...
08 Apr 2018 13:48 - Redaksi

Menkumham RI, Yasonna Laoly saat membuka kegiatan selebrasi Paskah AEYA di Tondano Minahasa. (Foto:i [ ... ]

Norjce Van Bone Beserta Para Caleg Sambangi Kantor...
18 Jul 2018 03:27 - Redaksi

Caleg dari Demokrat saat mendaftar.    MANADO Kabarpost.com - Di bawah terik matahari tak menjad [ ... ]

BMI Rayakan Hut Ke-16
13 Mar 2018 07:04 - Redaksi

Brigade Manguni Indonesia.    MINAHASA Kabarpost.com - Brigade Manguni Indonesia (BMI)merayakan  [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu manado
Ucapan hut kp
Hut kp