Manado, Kp - Dalam hearing antara Komisi III DPRD Provinsi Sulut dan Dinas Perhubungan Provinsi Sulut, Rabu (25/10/2017) Siang.

Wakil Ketua Komisi III, Amir Liputo menegaskan agar kiranya Dishub secepatnya membuat Pergub terkait dengan akan diberlakukannya Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan RI No 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang akan mulai berlaku per 1 November nanti.

Liputo pun mempertanyakan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan oleh Dishub agar Pergub dapat ditandatangani oleh gubernur nantinya. 

"Tolong ini pak, jangan mo tunggu orang baku bunung baru Pergub ini jadi. Kemarin saja sudah ada korban antara sopir mikro dan taksi online. Jadi tolong coba dijelaskan dulu,"  tegasnya.

Menanggapi pertanyaan Liputo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut Joy Oroh mengatakan bahwa langkah yang telah dipersiapkan adalah seperti masalah perijinan.

"Jadi sudah kami sampaikan untuk perijinan sudah jelas dalam peraturan ini, dan kami siap untuk melayani proses pembuatan perijinan. Jadi domainnya itu ada di provinsi," ungkap Oroh.

Lanjut dikatakannya pula, selama ini Dishub telah mengundang pihak aplikator online untuk mengurus perijinan, namun sampai saat ini tak kunjung datang.

"Selama ini kami juga mengundang untuk mengurus perijinan karena ini untuk angkutan online, Nah sampai hari ini belum ada koperasi  yang melakukan pendaftaran perijinan," jelasnya.

Oroh juga mengatakan dalam Peraturan Menteri aplikator sebetulnya tidak bisa merekrut sopir-sopir secara langsung, namun dia harus bermitra dengan badan usaha atau koperasi terlebih dahulu agar perijinannya bisa diterbitkan.

 "Kemarin itu sudah ada Gojek datang dari Kararrel Makassar, dan kami sampaikan, oke silahkan mendaftar kendaraan-kendaraan apa saja yang bermitra dengan kararel tersebut, tetapi karena belum berbadan usaha mereka tidak datang lagi," tandasnya. 

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua Komisi III Adriana Dondokambey, Anggota Boy VA Tumiwa, Bart Senduk, Yongkie Limen, Juddy Moniaga dan Dicky Makagansa. (Ain)

Terpopuler

Ribun Ton Bibit Jagung Mulai di Distribusikan, Dis...
03 May 2019 12:12 - Redaksi

  Bibit jagung bantuan kelompok tani.   BOLTIM kabarpost.com - Bantuan bibit tanaman pangan dan [ ... ]

Seriusi Pembangunan Waduk Kuwil, DPRD Sulut Bakal ...
23 Jan 2018 13:51 - Redaksi

MANADO Kabarpost.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) seriusi [ ... ]

Diduga DLH Kota Manado Ambil Dana Retribusi Kebers...
12 Oct 2019 07:28 - Redaksi

lustrasi sampah.   MANADO Kabarpost.com - Dugaan terkait dana retribusi kebersihan yang di ambil  [ ... ]

Makangiras Sebut Berdirinya RSB Di Desa Buyat Tida...
12 Feb 2018 13:10 - Redaksi

Rifsan Makangiras Spd   BOLTIM Kabarpost.com - Berbicara tentang perkembangan sastra di Bolaang M [ ... ]

Other Articles