Tutuyan, Kp-Ekspresi keberanian dipertontonkan orang nomor 1 di Bumi Totabuan sebelah timur ini, saat bertindak selaku inspektur upacara Sumpah Pemuda di Lapangan Kantor Sekretariat Daerah Tutuyan Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Melalui sambutannya, Eyang sapaan akrab Bupati menegaskan, peran pemuda pada perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia sangat besar. Kata dia, Sumpah Pemuda merupakan peristiwa besar dalam sejarah perjalanan Bangsa Indonesia.

Alasannya, Sumpah Pemuda mengikrarkan kebangsaan Indonesia menjadi satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Ini menggema di tanah air. Sumpah pemuda ialah gerak kebangsaan.

"Pemuda itu, harapan Indonesia masa depan. Harapan yang akan menggelorakan semangat juang bangsa untuk terus berkarya. Sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa berjaya dan disegani dunia internasional," ujar Landjar yang dijuluki Singa Podium.

Lanjut Eyang, saat ini Bangsa Indonesia masih dibayang-bayangi imperialisme baru. Baik dari bangsa asing maupun di dalam negeri. Semisal, penjajahan budaya, ideologi, dan ekonomi. Penjajahan lainnya pun diperagakan saudara sebangsa setanah air, seperti praktik korupsi, ketidakadilan, kekerasan dan diskriminasi

Menurut Bupati dua periode ini, Sumpah Pemuda sangat penting. Bahkan perlu dihadirkan dalam diri dan jiwa setiap warga negara Indonesia, khususnya pemuda di daerah Boltim tercinta

"Demikian, semangat persatuan dan kesatuan kita tidak pernah luntur. Hingga terbentuk kesadaran tinggi di kemudian hari. Dimana, kemerdekaan yang didambakan pemuda-pemudi 1928 merupakan keinginan luhur. Sekarang, mestinya itu menjadi spirit perjuangan generasi saat ini," tegas Landjar.

Diketahui, upacara tersebut juga diikuti Sekretaris Daerah Boltim, Ir Hi Muhammad Assagaf. Dihadiri perwakilan sejumlah OKP, Forkopimda, seluruh Aparatur Sipil Negara Pemkab Boltim dan pelajar.

(Ayax Vay)

Terpopuler

Persipura Tumbangkan PSIS Semarang dengan Skor 2-0
01 Mar 2020 15:18 - Redaksi

Laga antara Persipura Vs PSIS Semarang di Stadion Klabat Manado.    MANADO Kabarpost.com - Persi [ ... ]

Gubernur Olly Beribadah Bersama Jemaat GMIM Eben H...
10 Nov 2019 15:59 - Redaksi

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama dengan pejabat Pemprov Sulut beribadah bers [ ... ]

Peran TP PKK Sangat Besar dalam Pembangunan Daerah
17 Oct 2019 15:24 - Redaksi

Rakor) TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut, di Hotel Aston, Kamis (16/10/2019). (Fo [ ... ]

Pjs Gubernur Fatoni Apresiasi KPU Usung Tema Penan...
06 Nov 2020 12:31 - Redaksi

Foto bersama.   MINAHASA  Kabarpost.com - Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengapresiasi  [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung