Manado,Kp - Anggota Komisi III Deprov Sulut, Ayub Ali Albugis mengatakan  PT PLN Sulutteggo ibaratnya bagaikan ‘penyakit kudis’ karena seringnya terjadi pemadaman listrik di berbagai daerah di Sulut yang terus terusan terjadi.

Hal tersebut terungkap dalam hearing antara Komisi III Deprov Sulut dan PT PLN Suluttenggo, Rabu (22/11/2017). 

Ayub Ali pun menyayangkan, PT PLN penuh dengan alasan klasik ketika ditanyai penyebab pemadaman selama ini. Padahal jika dibandingkan dengan daerah lain, sangat jarang terjadi pemadaman listrik. “Padahal sama perusahaan, sama managemen. Jika hanya beralasan klasik baik itu pohon atau hal lain, sama saja di Jawa juga ada pohon.

Jika hal ini terus-terusan terjadi, masyarakat bisa tidak percaya kepada PLN sedangkan PLN perusahaan besar yang mengurus hajat hidup masyarakat banyak. Penyakit pemadaman PLN di Sulut seperti menular atau terus-terusan terjadi. Bahkan seperti sakit kudis, sembuh di satu tempat timbul di tempat lain. Kalau alasan klasik seperti ini terus, saya rasa tidak dipercayai masyarakat," tegas Albugis.

Lebih lanjut dikatakan Albugis, kritisnya DPRD Sulut terlebih Komisi III kepada PLN merupakan sebuah keharusan dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Harus ada solusi PLN kedepan, harus profesional. PLN harus seperti dokter kandungan, harus 24 jam siaga," katanya seraya menambahkan jika sampai saat ini PLN selalu memberikan janji-janji atau angin surga terkait tidak akan terjadinya pemadaman lagi.

"Tadi ada statemen bilamana Desember nanti tidak akan terjadi pemadaman. Kita harus ingat, jangan jadikan Desember sebagai momen urgen. Kita hidup bukan hanya bulan Desember, Januari-November juga kita butuh listrik," semprotnya.

Sebelumnya, GM PT PLN Area Manado Paulce Mangundap beralasan, pemadaman akibat cuaca ekstrim dan banyak melaksanakan pemadaman terencana karena ingin mempersiapkan pada hari besar (Desemner, red) nanti tidak akan padam dalam artian pemeliharaan.

"Kita ketahui bersama, banyak sampah di Manado akibat pemangkasan pohon yang mengganggu jaringan listrik. Jadi, penyebab utama ada di pohon dan sudah melaksanakan pemangkasan dari Bitung sampai Ratahan. Selain itu kami melakukan perbaikan konstruksi," sebut Mangundap.

 

Penulis : Ain

Terpopuler

Serap Aspirasi di Medsos, Walikota Manado: Semua U...
09 Jun 2020 23:36 - Redaksi

(Walikota Manado, Vicky Lumentut) Manado Kabarpost.com - Menjelang pemberlakuan resmi pada Rabu 10  [ ... ]

Buka Rakor EPRA, Wagub Optimis Tahun Depan Seluruh...
22 Oct 2018 15:08 - Redaksi

Wagub Sulut, Steven OE Kandouw saat membuka Rakor EPRA.    MANADO Kabarpost.com - Wakil Gubernur [ ... ]

Mudahi Warga Terima BLT, Desa Mala Gandeng Bank BR...
07 May 2020 10:45 - Redaksi

Penerima BLT, bertransaksi melalui mesin EDC BRI.   SANGIHE kabarpost.com - Pemerintah Desa Mala  [ ... ]

59 Paskibra Dikukuhkan Walikota Manado
15 Aug 2019 09:56 - Redaksi

Pengukuhan anggota Paskibra Kota Manado oleh Walikota GSVL.   MANADO Kabarpost.com - Kamis (15/8/ [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung