TUTUYAN kabarpost.com - Akibat gangguan jaringan telkomsel bawah laut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tidak bisa melakukan perekaman KTP maupun pembuatan Kartu Keluarga (KK).

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Disdukcapil Boltim, Rusmin Mokoagow, diruang kerjanya belum lama ini. 

"Informasi yang kami terima dari dirjen pusat bahwa jaringan bawah laut saat ini mengalami gangguan dan sementara ini kata mereka pihak terlkomsel sementra melakukan perbaikan," ujar Mokoagow. 

Dikatakannya, untuk sementara Dirjen pusat melakukan pengalihan server ke MMU Kalibata kota Jakarta sebab, nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) harus konek dengan kementrian pusat setelah di terima baru di kirim lagi ke Dinas Dukcapil baru bisa di proses. 

"Saya di beri tahu melalui WhatsApp, kalau  server alihkan ke MMU Kalibata Kota Jakarta. Dari informasi itu saya langsung tindak lanjuti ke bagian operator perekaman supaya di alihkan. Namun alhasil, sampai saat ini masih mengalami gangguan juga," jelas Mokoagow. 

Sedangkan saat ini lanjut Mokoagow, sangatlah banyak yang hendak melakukan pengurusan KTP dan KK. Tapi, dari kendala jaringan ini di minta untuk tetap sabar sampai bisa normal kembali.

"Kebanyakan mereka yang datang mengurus KTP adalah penerima bantuan PKH. Artinya, bukan mereka sudah memiliki KTP pasca pemekaran Desa KTP alamat di KTP harus menyesuaikan dengan alamat sekarang. Kalau tidak bantuan PKH ini tidak bisa di terima. Nah sedangkan saat ini prosesnya masih tertunda di akibatkan adanya gangguan jaringan. Tapi saya yakin mereka sangat memahami kendala saat ini," tuturnya. 

Dia  menghimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman KTP/KK bagi yang belum memiliki. 

"Jangan nanti sudah di perlukan baru buru-buru ke capil untuk di rekam KTP atau pengajuan pembuatan KK, sebaiknya  merekam saja supaya tiba-tiba di butuhkan kita sudah punya," pintanya.

Lebih lanjut dikatakannya, material KTP dan KK untuk Disdukcapil sampai bulan maret tahun depan.

"Untuk itu bagi siapa yang belum memiliki maupun belum melakukan perekaman kiranya segera lakukan pengurusan," harapnya. 

"Perlu saya sampaikan kepada masyarakat bahwa pengurusan KTP/KK tidak di pungut biaya alias gratis. Ayo lakukan segera perekaman tunggu apa lagi. KTP/KK adalah identitas diri yang sangat penting," kunci Mokoagow. 

 

Penulis : Matt rey

Terpopuler

Walikota Vicky Lumentut Ikuti Musrenbang Nasional ...
30 Apr 2020 13:54 - Redaksi

(Musrenbang Nasional 2021 yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo) Manado Kabarpost.com - Walikota M [ ... ]

Pekan Depan Rolling Kepsek
27 Sep 2018 05:45 - Redaksi

dr Grece Punuh, Vonny Neman.    MANADO Kabarpost.com - Kemungkinan Rolling kepsek SMA/SMK bakal  [ ... ]

Tujuh Kelurahan Terendan Air, Walikota GSVL Minta ...
07 Feb 2018 20:46 - Redaksi

Batas ketinggihan Air saat ini.   MANADO Kabarpost.com - Curah hujan yang tak henti-hentinya seja [ ... ]

Di Tangan OD-SK, Sulut Semakin Progresif
06 Apr 2018 14:41 - Redaksi

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam paripurna LKPJ TA 2017.    MANADO Kabarpost.com - Kinerja [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu manado