MANADO Kabarpost.com - Paul Lumihi lelaki asal Likupang Timur, Minahasa Utara mengharumkan nama Sulawesi Utara (Sulut) dalam ajang bergengsi tingkat nasional yakni dalam kejuaraan Mixed Martial Arts (MMA).

Olahraga yang menggabungkan semua jenis olahraga bela diri ini, telah membawa Paul Lumihi menjadi terkenal dan tentunya membawa nama harum Bumi Nyiur Melambai ini.

Dalam pertemuan bersama wartawan di Ruang F.J Tumbelaka pada Rabu (17/01/2018) sore , Paul didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulut, Jani Lukas bersama Pelatih/Pendamping Paul, Franky Paat dengan sejumlah tim dan pendukung, Paul pun dalam menjawab sejumlah pertanyaan para kuli tinta (wartawan) bahwa yang pertama adalah soal kebanggaan dan dirinya mempromosikan nama Manado Sulut dikanca nasional.

"MMA ini merupakan level juara yang tidak gampang, saya sebenarnya sekarang ini meraih skor, 7-0 artinya tidak pernah terkalahkan. Itu semua tidak lepas dari doa dukungan dari masyarakat Sulut yang peminat (MMA) sudah sangat banyak," ucap Paul.

Paul juga mengatakan,  olahraga pertarungan serupa boxing yang digelutinya itu ada kelas-kelasnya dan dirinya (Paul) berada dikelas Bulu.

"Saya masuk dikelas 65 Kg dan saya paling kecil. Ini merupakan kelas yang banyak diminati orang Indonesia," ungkapnya.

Lanjut Paul, dalam memotivasi atau membuat dirinya terpanggil menggeluti olahraga yang terkenal berat dan tidak gampang latihannya itu, mengungkapkan yang pertama bahwa dia (Paul) terlahir dari keluarga petarung.

"Terlahir sebagai jiwa petarung dan mempunyai tekad hati yang kuat sehingga saya harus berjuang. Pesan untuk para calon atlet baru baiknya keluar dulu dari Sulut untuk hijrah ke Jakarta untuk menjadi atlet MMA, karena jujur Sulut masih berbenah untuk olahraga MMA," ingatnya, sembari menambahkan bahwa target kedepan nanti adalah menjadi juara dunia karena awal karir dari Indonesia. 

"Kuncinya berdoa sehingga ada keyakinan untuk menang. Perkembangan MMA di Sulut itu mulai ada, jujur saya putra Sulut dan dinasional itu ada 10 hingga 15 orang di Jakarta adalah orang Manado, jadi memang saya yakin dan kita sementara memebentuk MMA Sulut," ujar Paul yang juga mempunyai pekerjaan sampingan sebagai Trainer/Pelatih di camp-camp di Jakarta, untuk membiayai pengembangan latihan MMA pada dirinya.

Kadispora Sulut, Jani Lukas selaku perwakilan Pemprov Sulut mengungkapkan bahwa melalui pimpinan Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Sekertaris Provinsi Edwin Silangen berkomitmen kuat dalam memajukan olahraga di Sulut.

"Memang olahraga MMA termasuk baru di Sulut dan sementara ini menurut informasi sedang ada pengembangan melalui camp-camp latihan. Nanti akan disampaikan ke pimpinan, karena juga sekarang ini kami (Dispora) masih menata untuk persiapan PON 2020. Apresiasi setinggi-tingginya juga dari Pak Gubernur untuk Paul Lumihi sebagai putra Sulut yang telah mengharumkan nama Sulut dikanca nasional," terang Lukas, sembari menambahkan selain Paul juga terdapat dua nama yakni, Billy dan Marvel yang turut serta sebagai atlet MMA.

"Untuk itu juga komitmen OD-SK dalam memajukan olahraga di Sulut dan tentunya juga nanti akan mempersiapkan untuk MMA," tandasnya. 

 

Reporter : Ain

Terpopuler

Dari Bunaken Kepulauan Pemkot Manado Serahkan Bans...
10 Nov 2020 11:36 - Redaksi

(Walikota Manado, saat menyerahkan Bansos tahap III kepada Masyarakat) Manado Kabarpost.com - Jarin [ ... ]

Pemrov Bakal Salurkan Komputer
27 Jul 2018 12:45 - Redaksi

dr L Grace Punuh,MKes.    AIRMADIDI Kabarpost.com - Dalam kesiapan Ujian Nasional Berbasis Kompu [ ... ]

Resmikan Sekretariat MHC, Maurits : Terimakasih At...
29 Aug 2020 10:31 - Redaksi

Pasangan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Resmikan Sekretariat MHC.   BITUNG Kabarpost.com - A [ ... ]

Ngangi Jabat Plt Ketua KNPI Minut
19 May 2018 07:18 - Redaksi

Novie Ngangi.    MINUT Kabarpost.com - Berakhirnya masa jabatan pengurus DPD KNPI Minahasa Utara [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat