TUTUYAN Kabarpost.com - Jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, diambil alih Sekretaris Daerah, Muhammad Assagaf. Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepengawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Boltim, Robi Mamonto menuturkan, kebijakan ini perlu dilakukan, Rabu (17/1).

Alasannya, DLH merupakan organisasi perangkat daerah yang vital. Tidak bisa jika mengalami kekosongan pemimpin. Apalagi, ada kebijakan tentang izin dan amdal. Jadi menurutnya, DLH harus memerlukan Kadis yang cocok. Tentu sesuai dengan disiplin ilmunya.

"Kita sangat berhati- hati dalam pengambilan kebijakan. Sebab DLH itu menyangkut aturan serta dasar dalam memulai suatu kegiatan. Baik bidang pertambangan maupun izin lainnya," ujar Mamonto.

Adapun dijelaskannya, pengambilalihan tugas ini sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017. Isinya tentang manajemen kepegawaian yang bunyinya, boleh digantikan sesama eselon atau satu tingkat di atasnya.

Sementara, Sekda Assagaf mengatakan, pengisian kekosongan ini dilakukan akibat masih menunggunya Surat Keputusan (SK) Kementerian Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) RI. Utamanya soal status Kepala Dinas Dukcapil.

Diketahui belum lama, Kadis Dukcapil Boltim saat ini, Rusmin Mokoagow, dilantik menjadi Kepala DLH. Namun SK dari Kementerian mengenai perubahan dan pergantian, belum turun.

"Dinas Dukcapil merupakan wewenang pusat. Jadi, pergantian harus melalui usulan, baru kemudian ditertibkan SK. Hingga kini, kita masih menunggu," ujar Assagaf.

Lanjutnya, soal kuasa penguna anggaran di DLH, untuk sementara diserahkan ke Sekretaris Dinas. 

 

Reporter : Matt rey

Terpopuler

Ini 75 Siswa SMA/SMK Memperoleh Bantuan Dari Kemen...
04 Aug 2020 01:39 - Redaksi

Penerimaan bantuan siswa siswi dari daerah terpencil.   MANADO Kabarpost.com - Sebanyak 75 siswa [ ... ]

Umat Paroki St.Yohanes Rasul Tahuna Salurkan Bantu...
06 Jan 2020 13:38 - Redaksi

Pastor Paulus Salabia,Pr.     SANGIHE kabarpost.com Minggu (05/01/2020) Dewan Pastoral Paroki ( [ ... ]

Tebar Bibit Bobara, Ini Tujuan Dandim 1309 Manado
21 Aug 2020 11:37 - Redaksi

Rangkaian HUT RI ke 75 dengan kegiatan tebar bibit Bobara.   MANADO Kabarpost.com - Masih dalam r [ ... ]

Lantik 65 Pejabat, Olly: Ujung Tombak Jalannya Pem...
10 Sep 2018 14:13 - Redaksi

Foto bersama usai pelantikan.    MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah