Suasana Konfrensi Pers di lantai dua kantor Bupati  Boltim

 

BOLTIM Kabarpost.com - Postingan akun berinisial AM alias Arthur dalam Grup Facebook Manguni Team 123/Tetengkoren Berguna berbuntut panjang. Tulisan AM, yakni Polda Sulut Harus Tuntaskan Kasus Dugaan Penistaan Agama yang melibatkan nama Bupati Bolaag Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, menuai reaksi. Bupati yang berjuluk Singa Podium ini pun murka.

Genderang perang ditabuh. Gaung perlawanan terhadap tulisan AM yang dinilai berbau ujaran kebencian dan penghasutan, kian menggema. Jalur hukum dipastikan jadi lintasan utama penyelesaian masalah itu. Hal ini terlihat jelas dalam konferensi pers yang digelar Landjar di lantai 2 Kantor Bupati Boltim, Senin (5/1/2018). Kata Eyang sapaan akrab Landjar, apa yang dilakukan AM, itu punya tendensi tertentu, jadi jangan dianggap remeh.

"Saya hari ini menyatakan, akan membawa masalah ini ke ranah hukum karena ini bukan berita main-main. Saya lebih melihat dari sisi stabilitas keamanan. Ini bukan persoalan kecil. Tapi ini brita yang menimbulkan kegaduhan berskala besar," tegas Landjar. 

Dijelaskannya, status AM diangkat dari pemberitaan salah satu media di Bolaang Mongondow saat menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Tahun 2015 silam. Kala itu Landjar langsung meminta klarifikasi dari media bersangkutan soal asal muasal informasi yang diberitakan. Sebab, dirinya merasa tidak pernah melontarkan kata-kata di hadapan publik atau media seperti yang di beritakan.

Saat itu juga diakui Landjar, mereka (media bersangkutan-red) telah melakukan klarifikasi serta permohonan maaf kepadanya dan masyarakat melalui sejumlah media selama 3 hari berturut-turut. Itu menurutnya sudah sesuai dengan kode etik media yang diatur dalam UU No 40 tentang pers. Ia pun menghargai apa yang dilakukan pihak media bersangkutan dan menganggap semua masalah selesai. Setelah diangkat kembali oleh AM tutur Landjar, ini sangat jelas telah melanggar UU ITE. Kata dia itu fitnah, penghasutan dan menyebarkan kebencian.

"Ini hoax. Saya akan membawa persoalan ini ke ranah hukum. Saya akan menempuh jalur hukum atas perbuatan yang dilakukan AM. Sebab, kalau ini dibiarkan, akan menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat. Saya khawatir akan mengganggu stabilitas keamanan," ketus Landjar.

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Bagian Humas Polres Bolmong, Saiful Tamu mengatakan, pihak kepolisian pasti mengusut tuntas kasus ini. Ia menyebut, Polres Bolmong akan menindaklanjuti laporan dari Bupati Landjar. Menurut dia, di dalam status AM ada indikasi ujaran kebencian dan bisa merusak tatanan masyarakat.

"Untuk itu, kami meminta agar masyarakat tetap tenang. Jangan mudah terpancing oleh profokasi yang tidak jelas. Masyarakat jangan terpancing dengan isu yang menimbulkan masalah baru," tukas Tamu. 

Senada disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Boltim, Widjanarko Kartiman. Ia pula mengimbau masyarakat Boltim untuk tetap tenang. Katanya, ujaran yang dilontarkan AM itu adalah upaya provokasi.

"Saya meminta agar seluruh elemen masyarakat lebih menahan diri. Berita yang dibagikan tersebut adalah hoax," tutur Kartiman.

Terpisah, di hari yang sama, AM saat dikonfirmasi via telepon genggam mengatakan, sebagai warga negara yang baik, dirinya menghargai proses hukum. 

"Menyangkut postingan di Grup Manguni, menurut saya tidak ada unsur negatif atau pun menjelekan nama baik Bupati Boltim," kata Arthur. 

Pun jika berita tersebut telah diklarifikasi lanjutnya, berarti pihak media dan bupati sudah tidak ada masalah. Hanya saja, yang dipertanyakannya soal link berita yang masih dapat diakses publik.

"Kenapa berita tersebut masih terpampang di google? Link beritanya masih dapat diakses. Berarti ini menjadi konsumsi publik, dengan ketentuan tidak boleh ditambah atau dikurangi. Tak mungkin ada asap kalau tidak ada api," ucapnya. 

Ketika wartawan hendak melanjutkan wawancara, tiba-tiba sambungan telepon terputus. Saat dihubungi kembali, telepon selularnya Arthur sudah tidak aktif lagi. 

 

(Rey)

Terpopuler

Guru di Manado Tak “Bertaring”
28 May 2019 10:31 - Redaksi

Dikbud Manado.   MANADO Kabarpost.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Dr Dagla [ ... ]

BFC Sulut United Vs PSBS Biak, Wawan Samma Optimis...
23 Jul 2019 16:05 - Redaksi

Pelatih Tim BFC Sulut United Herry Kiswanto didampingi Kapten Tim Wawan Samma saat jumpa pers di Sta [ ... ]

Rusia Mulai Lirik Sulut untuk Kerjasama
19 Feb 2018 14:51 - Redaksi

Dubes Rusia saat berkunjung di Pemprov Sulut, diterima langsung oleh Wagub, Steven OE Kandouw.    [ ... ]

Pemkot Manado Gelar Rapat Evaluasi Bersama Camat, ...
03 Feb 2020 11:43 - Redaksi

Walikota GSVL saat memimpin rapat evaluasi di Gedung Serbaguna Kantor Walikota Manado.   MANADO  [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung