Rifsan Makangiras Spd

 

BOLTIM Kabarpost.com - Berbicara tentang perkembangan sastra di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), saat ini rasanya tidak akan jelas jika hanya beropini semata tanpa menghadirkan sebuah realita. 

Demikian diungkapkan salah satu Kelompok Seni Anak Boltim (Kesan Boltim)  Rifsan Makangiras SPd. 

"berdirinya Rumah Sastra Boltim (RSB) di desa Buyat, Kecamatan Kotabunan, yang diprakarsai oleh Jamal Rahman Iroth, sesuatu yang cukup mengejutkan dan mengelitik hati," ujarnya kepada media ini. 

Rifsan menilai, Jamal Rahman Iroth,  salah satu sastrawan Nasional itu seolah ingin mengklaim bahwa ada pertumbuhan satra yang menonjol di Boltim. Padahal menurunya, itu terlalu over alias berlebihan. 

"Menurut pengamatan kami (Kesan) sama sekali tidak ada yang istimewa dari keberadaan sastra di Boltim sampai saat ini. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya respon dari masyarakaat umum apalagi instansi pemerintahan," tutur Rifsan saat diwawancarai media ini belum lama ini. 

Lanjutnya, walaupun memang sangat jelas bahwa upaya membangun kessastraan di Boltim sejak lima tahun lalu terus dilakukan oleh  Jamal Rahman Iroth,  yang kemudian beberapa tahun belakangan mulai diikuti oleh beberapa kelompok-kelompok seni/sastra, tapi Pemerintah terkesan enggan memberikan perhatian secara mendalam terhadap dunia sastra. 

"Entah apa yang melatarbelakangi sikap Pemerintah Daerah ini. Pemda seperti sengaja menuliskan kata lupa dijidat masing-masing tentang sebuah tanda tanya besar akan sejarah Bolaang Mongondow yang hingga saat ini dianggap tidak jelas karena tidak ada bukti literasi pada masa lalu yang mendukung untuk membenarkannya," ungkap Rifsan.

"Pemerintah mungkin ingin terlihat tidak paham bahwa satra adalah salah satu wadah untuk menunjukan eksistensi kita dimasa yang akan datang" sambungnya. 

Ditanya tentang sastra yang kebanyakan sudah ditulis dengan bahasa asing,  Rifsan berujar, wacana penulisan satra dalam bahasa inggris kita jangan sampai gelagapan dan mengkritisi terlalu awal sebelum menerjemahkan dengan teliti tujuan dari wacana ini.

Kata dia, tujuan mendasar dari penulisan sastra dalam bahasa inggris adalah untuk memberikan ruang yang lebih besar bagi segenap pecinta sastra dari mancanegara untuk mengenal dan menikmati kesastraan Indonesia secara mendalam. 

"Sejalan dengan itu perlu juga diketahui bahwa pada bulan November 2017 ada dua orang peserta asal Boltim yang mengikuti seleksi penulisan puisi esai nasioanal. Adapun hasil karya dari para sastrawan se-Indonesia ini  nantinya akan diterjemahkan kedalam bahasa inggris untuk dinikmaati oleh sastrawan mancanegara," terangnya. 

Kehadiran RSB di desa Buyat lanjutnya, Teramat megah namanya kalau ada kata  Boltim disitu sementara pemerintah tetap duduk berpangku tangan tanpa mau memberikan sedikit perhaatiaan kepada segala bentuk kesusastraan.

Dia berharap Pemda Boltim menyadari bahwa pentingnya sastra di Timur Totabuan ini. 

"Pemerintah harus menyadari pentingnya sastra, karna kalau Pemda 'so sadar  maka pasti so tau apa yang mesti mo bekeng' ," tukasnya. 

Selaku penggagas RSB, Jamal Rahman Iroth,   mengaku  sejak didirikan RSB tidak ada perhatian dari Pemerintah. Padahal kata dia,  hal itu dilakukannya untuk membantu Pemerintah. 

"Harapan saya kalau ada program Pemerintah yang bisa bersinergi yah marih, saya menyambut baik Karena selama ini saya bergerak sendiri membangun Rumah Sastra Boltim," singkat Jamal. 

Menanggapi hal ini,  Bupati Boltim Sehan Landjar SH menegaskan instansi terkait serta Pemerintah Desa (Pemdes) turut membantu apa yang di lakukan sastrawan Nasional asal Boltim ini. 

"Saya berharap instansi terkait dan pemerintah desa turut membantu jamal untuk mengembangkan Rumah Sastra. Jangan biarkan Jamal sendiri mengembangkannya. Ini sangat membanggakan karena salah satu putra daerah mampu ber-ivovasi,"kata Sehan.

"Rumah Sastra itu kalau boleh itu akan jadi maskot Buyat Bersatu untuk wisata," tutupnya. 

 

(Rey)

Terpopuler

Umat Muslim Petta Raya Ramaikan FSBDG 2019, Ini Pe...
28 Nov 2019 23:17 - Redaksi

Grup MB dari umat muslim Petta Raya.   SANGIHE kabarpost.com - Kegiatan Festival Seni Budaya Daer [ ... ]

Serap Aspirasi di Tahuna, Masyarakat Minta Pemerin...
05 Dec 2018 15:37 - Redaksi

Anggota DPRD Sulut Meiva Lintang saat menyerap aspirasi Politeknik Nusa Utara.    TAHUNA Kaabrpo [ ... ]

Walikota Vicky Tinjau Proyek Rehabilitasi Pasar Pi...
15 May 2018 11:59 - Redaksi

Walikota Manado saat berada di pasar Pinasungkulan.    MANADO kabarpost.com - Proyek rehabilitas [ ... ]

Polres Minsel launching Timsus PATOLA
21 Sep 2020 23:32 - Redaksi

Timsus PATOLA Resmi dilaunching.   MINSEL Kabarpost.com - Tim Khusus (Timsus) PATOLA Polres Mina [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu manado