Amir Liputo

 

MANADO Kabarpost.com - Akibat curah hujan yang tak henti-hentinya di Kota Manado dan sekitarnya, mengakibatkan banjir dibeberapa titik di Kota Manado. 

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulut, Amir Liputo mengungkapkan, banjir di Manado, permasalahan utamanya adalah konsekuensi dari efek pembangunan yang dilaksanakan. “Kita ketahui bahwa dulu diseputaran Kota Manado masih banyak pohon -pohon yang menyangga, gunung-gunung yang menyangga, tapi saat inikan semua gunung-gunung sudah menjadi rata, sehingga topographi tanah berpengaruh terhadap aliran air,” ujarnya, Senin (12/02/2018) siang.

Disamping itu, lanjut Politisi dari Dapil Kota Manado ini, yang dulunya daerah tersebut adalah daerah resapan air akhirnya menjadi perumahan, menjadi hunian, sehingga mengakibatkan banjir.

“Nah oleh sebab itu, Komisi III telah merekomendasikan agar supaya semua aspek pembangunan yang akan dilaksanakan harus ada analisis dampak lingkungan terutama menyertakan bagaimana potensi bahaya bencana di Kota Manado, ini yang perlu mendapat perhatian serius,” tegasnya.

Oleh  sebab itu, sambung Liputo, Komisi III sudah berkoordinasi dengan kepala Balai Sungai, untuk mengatasi banjir, disamping bendungan Kuwil yang akan dibuat juga untuk menghindari banjir dibagian selatan. Maka akan diusul satu bendungan lagi. Sebab bendungan Kuwil saat ini tidak mampu menampung semua aliran sungai yang ada karena lokasinya berbeda. 

“Untuk lokasi bendungan yang baru, rencananya sebagian Tondano inikan tidak masuk dibagian itu, jadi bagian selatan dari Karombasan, Sario dan lainnya itu belum tercover ,” ungkapnya.

Tapi dampak paling utama adalah, pembangunan yang begitu gencar sangat baik, namun tidak diikuti oleh analisis perubahan topographi lahan. Ini yang menyebabkan air begitu cepat masuk. 

“Kita baru bicarakan dengan Kepala Balai, namun sudah dibicarakan dengan Pak Gubernur, mudah-mudahan bisa secepatnya direalisasikan, sehingga bisa mengcover semua aliran sungai dari arah pegunungan,” tandas Liputo. 

 

(Ain)

Terpopuler

Diserahkan Wagub Kandouw, 2500 Pelaku Usaha Pariwi...
05 Aug 2020 06:16 - Redaksi

Wagub Sulut saat menyerahkan Balasa secara simbolis kepada perwakilan pelaku usaha pariwisata. (Foto [ ... ]

Hebat!! RR RD Miliki Style yang Santun dan Tidak M...
23 Mar 2018 15:30 - Redaksi

RR RD saat mengikuti Debat Publik Pilkada Minahasa.   MINAHASA Kabarpost.com - Komisi Pemilihan U [ ... ]

Warga Lembean Timur Bangga dengan Program-Program ...
22 Mar 2018 03:47 - Redaksi

ROR saat bersama warga Lembean Timur.    MINAHASA Kabarpost.com - Calon bupati Minahasa, IR. ROY [ ... ]

Hadiri Upacara Tulude di Batusaiki, Wagub Ajak Mas...
03 Feb 2019 07:29 - Redaksi

Wagub Sulut, Steven Kandouw didampingi Kadis Kebudayaan Pemprov Sulut, Fery Sangian saat tiba di Bat [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah