Rumah Tempat tinggal Raja Lasaru. 

 

SANGIHE Kabarpost.com - Wilson Mananohase yang merupakan tokoh masyarakat, yang bertempat tinggal di Lindongan V (Lima), Kampung Karatung II Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, menjelaskan asal muasal kampung Karatung.

Awalnya nama kampung ini adalah KARATUNG yang di ambil dari kata KARARATUANG (Kraton) yang berarti "Pusat Kerajaan".
Adapun Raja yang memerintah di Karatung adalah Raja Lasaru yang berdomisili di Paghulu. Setelah pemekaran saat ini di sebut Kampung Karatung I. Raja ini beragama Katolik. Raja Lasaru adalah anak dari Sapela dan Makahekung. Sapela sendiri adalah saudara kandung dari Raja Bataha Santiago yang juga pernah sebagai Raja Kerajaan Manganitu.

Raja Lasaru menurut penuturan Wilson, diasingkan oleh VOC ke Cirebon dan meninggal dunia di Cirebon. Di Kampung Paghulu pun (Karatung I) Raja Lasaru di buatkan Makamnya kendati pun hanya "Uwade" (Makam tanpa jenazah), persis di samping Rumah Kerajaan sedangkan makam aslinya ada di Cirebon.
"Raja Lasaru ini mempunyai 3 orang Istri diantaranya Wewengkonda, turunannya yaitu Karaeng dan Ratung Boba, Sangiang Hindang, turunannya yaitu Budiman, Takasihaeng, Lawewe, Kumala dan Ulung Tengo," jelasnya.

Makam Raja Lasaru dan Jalan "Soa Tinentang" artinya Tempat yang di tinggalkan. Usai ke Makam Raja Lasaru,  wartawan Kabarpost.com di ajak oleh Krestian Bareweng untuk melihat langsung Ake Ratu dan Ake Boki.

Ake (Air) ini yang digunakan Raja Lasaru. Konon Air ini tak pernah kering walau dilanda musim panas yang berkepanjangan. Air ini pun sudah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari.

Berikut draf para pemimpin Kampung sebelum di mekarkan antara lain:

Ontarila ( Menantu dari Sampingang)
Bongko
Tatengkeng
Max Maneking
Adrianus Kalendesang
Josias Sinadia
Daniel Tamahiwu
Nicodemus Lumasuge
Flores Lumasuge
A. Lalenoh

Demi mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat para Tokoh-Tokoh Masyarakat kala itu menyimpulkan usulan untuk memekarkan Kampung. Adapun Tokoh-Tokoh Masyarakat yang memikirkan kepentingan akan banyak orang itu antaranya:

Wilson Mananohase
Albert Takaonselang (Almarhum)
Harmud Daromes (Almarhum)
Hopni Saburoh (Almarhum)
Hans Tendaunusa
N. Baemamenteng

Itulah sejarah singkat Kampung Karatung. Jika tertarik untuk mengetahui sejarah Kerajaan Karatung dengan lebih lengkap, alangkah baiknya buat para pembaca yang mempunyai hobi traveling mengunjungi narasumber sekaligus melihat secara langsung peninggalan-peninggalan Kerajaan Karatung yang beralamat di Kampung Karatung I Kecamatan Manganitu Kab Sangihe.

 

(Riko)

Terpopuler

Penetapan Paslon Gubernur dan Wagub Sulut Tunggu S...
19 Jan 2021 14:51 - Redaksi

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.   MANADO [ ... ]

Duta Narkoba 2018 di Sandang Siswa SMAN 2 Manado
09 Oct 2018 12:39 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Kembali putra-putri SMAN 2 Manado mengukir prestasi  gemilang.

Inilah Pernyataan Sikap JRT Setelah Mendapat Ancam...
27 Feb 2019 01:01 - Redaksi

Jim R Tindi.    MANADO Kabarpost.com - Setelah mendapat ancaman pembunuhan dari sesorang atas du [ ... ]

'Merah Delima' dari Ujung Peninsula Pulau Sulawesi...
27 Sep 2019 00:46 - Redaksi

Kadis PUPR Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel saat berada di Stand Pameran Dinas PUPR Sulut di Smesco [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah