Jutixel Rudolf Parera (kanan kemeja batik). 

 

SITARO Kabarpost.com - Pulau Biaro dengan segala eksotismenya adalah modal untuk menancapkan Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam peta besar pariwisata Indonesia dan dunia. 

Dalam benak Jutixel Rudolf Parera, peluang membangkitkan industri kepariwisataan harus dimulai dari Biaro.

“Pulau Biaro yang pertama kali ditemui ketika menempuh perjalanan dari Manado ke Sitaro, jadi bisa dikatakan Biaro adalah pintu gerbang daerah sehingga harus dimaksimalkan khususnya untuk membangkitkan industri pariwisata,” kata Parera, calon Wakil Bupati dari Partai Golkar yang berpasangan dengan calon Bupati Alfrets Ronald Takarendehang, Jumat (23/02).

Akselerasi pariwisata daerah adalah salah satu program Ronald-Rudolf dalam pencalonan keduanya menjadi pemimpin Kabupaten Sitaro di Pilkada Juni nanti. Rudolf mengatakan sektor kepariwisataan harus dikembangkan sebagai industri baru dan kreatif, untuk mengangkat perekonomian masyarakat. Di sini, nilai jual Pulau Biaro menjadi semakin tinggi.

“Ada begitu banyak alasan mengapa Biaro bisa menjadi objek andalan, segmentasinya beragam mulai dari keindahan alam, panorama bawah laut hingga lokasi memancing,” ujar dia.

Parera tidak mengada-ada. Biaro memang menyimpan sejuta pesona untuk diperlihatkan ke seluruh penjuru dunia. Di pulau itu, di dekat Pantai Tumora ada spot penyelaman yang tak kalah dengan bawah laut Pulau Bunaken. Panoramanya memanjang ke Teluk Buang, Teluk Tope dan Pantai Kalakuhi. 

Sedangkan di darat wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam Pulau Salangka atau menikmati sinar matahari di Pantai Lamanggo. Perairan situ juga menyimpan kehidupan ikan yang bisa menjadi tantangan untuk penggemar olahraga memancing.

Pulau Biaro, menurut Parera, lagi menunggu untuk disentuh. Sejauh ini pemerintah telah membangun dermaga di sana untuk mempermudah akses. Tetapi menjadikan pariwisata sebagai industri bagi masyarakat, jelas butuh pengembangan sumber daya serta peningkatan infrastruktur. 

“Pak Ronald dan saya memiliki misi yang jelas untuk pengembangan pariwisata daerah. Ini kami maksudkan sebagai tumpuan berikutnya bagi perekonomian masyarakat yang selama ini mengandalkan sektor perkebunan dan perikanan,” kata Parera.

Salah satu yang sering disampaikan keduanya adalah mengadakan badan usaha daerah yang terfokus pada urusan pariwisata. Perusahan plat merah itu nantinya adakan bersinergi dengan instansi terkait lebih khusus dari sisi promosi. Juga dari situ akan dimulai berbagai upaya mengedukasi masyarakat di lingkar objek pariwisata agar siap menerima kedatangan turis, sekaligus bagaimana memanfaatkan peluang mendapatkan hasil.

“Soal promosi kita akan memanfaatkan teknologi agar bisa menghemat anggaran daerah, kita juga mengedukasi masyarakat untuk menggali kreatifitas mereka dalam dunia industri pariwisata yang notabene masih baru untuk dijalani,” jelas dia.

Warga Ulu Siau Jesika Sambentiro sepakat dengan gagasan Ronald-Rudolf untuk menggali kepariwisataan di Biaro. Selama ini menurut dia ada stigma kelam melekat untuk Biaro di kalangan birokrat. Namun dengan memaksimalkan industri wisata, citra Biaro akan terangkat bahkan bukan tidak mungkin menjadi destinasi pariwisata dunia.

“Saya suka dengan ide-ide Ronald dan Rudolf dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat, apalagi menjadikan Biaro sebagai daerah tujuan pariwisata, saya kira Sitaro butuh duet pemimpin smart seperti keduanya,” tandas Jesika. 

 

(Ai)

Terpopuler

Waspada! Aksi Penipuan Catut Nama Kapolres Bolmong
05 Feb 2018 11:26 - Redaksi

AKBP Gani Siahaan    MANADO Kabarpostcom - Dalam menjalankan aksi penipuannya di Kabupaten Bolaa [ ... ]

Gelar Upacara Hari Bela Negara, Walikota GSVL Samp...
19 Dec 2019 12:46 - Redaksi

(Walikota GSVL saat memimpim Upacara dalam  rangka Hari Bela Negara ke-71)   MANADO Kabarpost.c [ ... ]

Tinjau SMA Keberbakatan di Tompaso, Gubernur ‘Gera...
14 Mar 2018 10:49 - Redaksi

Para siswa SMA Keberbakatan selfie bersama Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.    MANADO Kabarpost [ ... ]

Spesialis "Nyolong" Hp Berhasil Diringkus
09 Aug 2020 15:59 - Redaksi

Pelaku yang diamakan karena melakukan pencurian.   MANADO kabarpost.com -  Tim Khusus (timsus) M [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat