Bupati Boltim saat memperingati hari Kartini. 

 

TUTUYAN kabarpost.com - Bertempat dihalaman kantor Bupati Bolaang Mongondow Timur (23/4),Bupati Sehan Landjar yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny. Nursiwin Landjar Dunggio memimpin langsung pelaksanaan upacara peringatan hari kartini Ke 139 Tahun 2018.

Kegiatan tersebut mengambil tema "Dengan semangat kartini kita tingkatkan kualitas pemberdayaan perempuan dan peran perempuan dalam membentuk karakter anak bangsa’ yang juga dirangkaikan dengan peringatan hari otonomi daerah (Otda) dan Apel Korpri dilingkungan Pemda Boltim.

Dalam sambutannya, Bupati Sehan Landjar menyampaikan perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.

Kemampuan ini tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi. Dan dengan kemampuan inilah pula yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita.

Atas perjuangan RA Kartini itulah, kini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga tapi juga ikut berpartisipasi dalam member warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial.

Jika kita bicara tentang posisi kaum perempuan, berarti kita bicara tentang kesetaraan gender atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan.

Dalam kaitan pembangunan  di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program pembangunan yang harus menjadi focus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuanuntuk menjadi motor penggerak. Antara lain bagaimana upaya untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi, pendidikan dasar Sembilan tahun, mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, keikutsertaan perempuan dalam memastikan kelestarian lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Kita semua tentu berharap, peringatan hari kartini tahun ini dapat menjadi momen kembangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan  yang terbaik bagi kemajuan pembangunan diKabupaten Bolaang Mongondow Timur. 

"Marilah kita kerja bersama untuk kesejahteraan anak dan perempuan Indonesia," ucap Bupati berharap.

Hadir dalam acara peringatan hari RA Kartini diantaranya Ketua DPRD Marsaoleh Mamonto, Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Suparno, Dandramil Kotabunan yang diwakili anggota, Asisten, Kepala Dinas, Jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah, Tim Penggerak PKK, Dharmawanita Persatuan, Camat, dan Sangadi.

 (Rheena) 

Terpopuler

Rusdi Gumalangit: FDM Boltim Menjadi Barometer
19 Jul 2019 11:50 - Redaksi

  Rusdi Gumalangit membuka kegiatan FDM.    BOLTIM kabarpost.com - Setelah sukses melaksanakan [ ... ]

Divonis Tumor Otak, Fonny Tetap Memberi Diri
04 May 2018 11:42 - Redaksi

Fonny Jacob.    MANADO Kabarpost.com - Perjuangan  Fonny Jacob tak henti, meski dokter menvonis [ ... ]

SMKN 1 Airmadidi Memperoleh Kendaraan Praktek Paje...
29 Mar 2019 01:05 - Redaksi

Weddy Onibala menerima kendaraan praktek pajero sport .   JAKARTA Kabarpost.com - PT Mitsubishi  [ ... ]

Angouw : Torang Nyanda Tako!! Mari Bersatu Lawan T...
13 May 2018 14:46 - Redaksi

Andrei Angouw.    MANADO Kabarpost.com - Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw mengutuk keras, atas ke [ ... ]

Other Articles