Calon Bupati Minahasa, Roy Roring saat menanam cabe, tomat dan bawang dilahan pertanian milik kelompok tani Gema Makapetor di Kelurahan Wengkol Tondano Timur. (Foto:ist)

 

MINAHASA Kabarpost.com - Calon Bupati Minahasa 2018-2023, Royke Roring mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan seluruh lahan pertanian dan pekarangan rumah untuk ditanam cabe, tomat, bawang dan tanaman obat-obatan.

Hal itu dikatakan Roy Roring usai melakukan penanaman cabe dilahan pertanian milik kelompok tani Gema Makapetor di Kelurahan Wengkol Tondano Timur. 

Menurut mantan Plt Walikota Manado itu, pemanfaatan lahan pertanian dan pekarangan rumah akan memberikan nilai tambah yang besar bagi warga dan keluarga. Pemanfaatan lahan pekarangan rumah akan mengurangi biaya pengeluaran bahan-bahan dapur. 

“Begitu juga dengan pemanfaatan lahan-lahan pertanian maupun perkebunan serta lahan tidur, selain akan memberikan nilai tambah bagi petani, juga akan menyerap tenaga kerja,” ujar Roring. 

Roy Roring yang didampingi Ketua PAC PDIP Tondano Timur, Marchel Wolayan menyatakan bangga dan memberikan apresiasi kepada kelompok tani Gema Makapetor. 

Gerakan dan usaha kelompok tani Gema Makapetor yang diketuai Denny Linu dinilai sebagai suatu motivasi agar seluruh lahan yang ada harus dimanfaatkan. 

"Apalagi harga cabe, tomat dan bawang selalu berada pada angka puluhan ribu rupiah. Bahkan harga cabe di waktu-waktu tertentu naik sampai di atas angka seratus ribu rupiah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Gema Makapetor, Denny Linu mengatakan luas lahan untuk penanaman cabe sebesar empat hektar.

Dalam kesempatan itu pula Roy Roring menambahkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah juga dapat ditanami tanaman obat-obatan. 

“Di Sulut sudah ada desa yang seluruh warganya memanfaatkan lahan pekarangan dengan ditanami tanaman obat-obatan. Yaitu di Desa Pinilih Minahasa Utara. Bahkan Desa Pinilih mendapat penghargaan dari pemerintah pusat (Menteri Kesehatan),” tandas Roring. 

(Ain)

Terpopuler

Distanak Provinsi Sulut Survey Lahan untuk Pencana...
15 May 2018 16:53 - Redaksi

Leonard Liwoso.    MANADO Kabarpost.com - Hamba-hamba Tuhan yakni para Pendeta di Pinasioan baka [ ... ]

Tim Paniki Tangkap Dua Pelaku Penganiayaan Menggun...
28 Jun 2019 09:52 - Redaksi

Dua Pelaku Penangiayaan yang ditangkap.   MANADO kabarpost.com - Dua pelaku penganiyaan dengan m [ ... ]

Olly Apresiasi Solidnya Kerja Sama Pemprov-GMIM
22 Mar 2019 02:44 - Redaksi

Gubernur Olly saat menghadiri kegiatan Tatap Muka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam TOT Pengg [ ... ]

Inilah kesepakatan MKKS SMK Manado
22 Feb 2019 07:03 - Redaksi

  MANADO Kabarpost. com - Wakil Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Manado, Drs Jein [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu manado