Johan Solag pengrajin batok kelapa. 

 

BOLTIM kabarpost.com - Kreatifitas memang tanpa batas. Inilah yang dilakukan oleh Johan Solag (45) salah seorang warga Desa Buyat Kecamatan Kotabunan. Ditangan seninya, sebuah batok kelapa mampu disulap menjadi  barang yang memiliki nilai rupiah.

" Hampir lima tahun saya menjalankan usaha ini. Alhamdullilah sampai sekarang masih terus konsisten," ungkpanya penuh syukur.

Dia bercerita, awal mula ketertarikannya menjadikan batok kelapa menjadi bahan utama untuk membuat kerajinan tersebut. Menurutnya Boltim terkenal sebagai daerah penghasil kopra cukup besar. Banyak sisa batok kelapa yang hanya terbuang percuma.

 " Potensi inilah yang kemudian saya manfaatkan. Sehingga lima tahun belakangan ini saya menggunakan sisa batok kelapa menjadi bahan dasar untuk membuat kerajinan." jelasnya. Sembari menyebutkan beberapa kerajinan yang telah berhasil dia buat. 

" Banyak. Ada tempat air, celengan, tempat bunga,lampu hias,dan pernak-pernik kecil yang unik," sebutnya.

Meskipun tak bisa menyebutkan berapa pendapatan yang diperoleh dari usaha tersebut, namun Solag merasa senang karena sebuah karya yang diciptakannya tersebut digemari oleh banyak orang. Bukan hanya masyarakat Boltim tapi juga dari luar daerah. 

" Biasa kalau ada pameran saya ikut. Dan karya saya banyak diapresiasi. Itu jauh lebih berharga. Selain hasil yang didaptkan lumayan banyak, potensi yang ada pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal, dengan harapan agar pemerintah bisa memfasilitasi sbgian alat2 untuk pembuatan kerajinan tangan ini" tutupnya.

Sementara itu menurur penelusuran kabarpost, Senin kemarin rombongan dari kelompok binaan BKKBN yakni Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) mengunjungi usaha tersebut.

 " Usaha ini bagus. Selain kreatif dan unik ini juga bisa memotivasi masyarakat Boltim yang ada. Agar bisa melihat peluang dan memanfaatkan potensi yang ada di desa," tutur Kabid K3 BKKBN Junike Tulalo.

Diirinya pun memastikan usaha batok kelapa tersebut akan diutus mewakili Boltim ke provinsi dalam rangka Hari Ulang Tahun Keluarga Nasional ke 25 tahun. 

"Jadi usaha batok kelapa ini yang nantinya akan di bawah untuk mengikuti pameran di Kawasan MegaMas," tukasnya.

 

(Rhena) 

Terpopuler

Pendam XIII/Merdeka Gelar Acara Syukuran HUT ke 69...
13 Jan 2020 11:27 - Redaksi

Acara Syukuran HUT ke 69 Penerangan Angkatan Darat.   MANADO Kabarpost.com - Penerangan Kodam XII [ ... ]

SMKN 4 Manado Minim Peralatan
03 Apr 2018 05:03 - Redaksi

Drs Jeiner Rumerung.    MANADO Kabarpost.com - Dalam pengembangan sekolah kejuruan saat ini,  S [ ... ]

Prihatin Bencana Manado, Kepala Imigrasi Gorontalo...
25 Jan 2021 10:54 - Redaksi

Muhamad Irham Anwar SH., MH.   MANADO Kabarpost.com - Bencana alam yang menerpa sebagian pulau Su [ ... ]

JG Sponsor Utama Lomba Lari FBBK
30 Jul 2019 04:17 - Redaksi

Joune Ganda     MINUT Kabarpost.com - Dunia olahraga nampaknya menjadi magnet tersendiri bagi J [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat