Muhamad Assagaf. 

 

BOLTIM kabarpost.com - Biaya operasional beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dipangkas habis pada pergeseran anggaran. Tak ayal hal ini membuat SKPD merana. 

Bahkan tidak sedikit yang mengaku kewalahan mengejar target PAD tahun ini. " Bagaimana kita memacu PAD, sedangkan anggaran perjalanan dinas dalam daerah sudah tidak ada akibat dipangkas habis-habisan pada pergeseran anggaran,” sebut oknum pejabat yang namanya tak ingin dikorankan. 

Sehingga, lanjutnya target PAD yang Rp 17 miliar akan sulit dicapai. " Akan sulit mengejar target Rp 17 miliar dengan kondisi seperti ini. Tapi kami akan terus berusaha, agar PAD tersebut dapat terealisasi," katanya. 

Di sisi lain  Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Boltim,  Muhamad Assagaf berpendapat pemangkasan anggaran tersebut semata-mata untuk menutupi hal lain yang memerlukan anggaran lebih. Dia pun membeber pemicu utama minimnya PAD bukan karena pemangkasan anggaran di tiap SKPD tapi adanya Undang-Undang (UU) Nomor 28 tahun 2014 dan UU nomor 23 tahun 2016 tentang pajak dan retribusi yang didalamnya soal  izin pertambangan, gajian C dan lainnya yang sebelumnya menjadi kewenangan Pemkab telah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov).

” Kedua UU tersebut membatasi Pemkab untuk memaksimalkan PAD dari izin galian C dan pertambangan emas. Pun juga Terminal dan Pasar untuk Tipe A dan B, yang bukan kewenangan  Pemkab untuk mengambil retribusi. Karena Pemkab hanya bisa memungut terminal dan pasar tipe C,” beber Assagaf. Seraya optimis jika semua SKPD terus memaksimalkan kinerjanya, target PAD tersebut akan tercapai. " Memang sulit. Saat ini saja targetnya masih jauh, tapi kita harus berusaha semaksimal mungkin," tutupnya. 

(Rheeena)

 

Terpopuler

Peringatan Hari Guru 2018, Unsrat Gelar Sosialisas...
05 Dec 2018 14:31 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Penerimaan mahasiswa baru, Rektor Unsrat Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Ku [ ... ]

ADVETORIAL : Safari Ramadhan Pemprov Sulut, Olly k...
22 May 2018 09:05 - Redaksi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) saat melaksanakanSafari Ramadhan   MANADO Ka [ ... ]

Gubernur Olly Dampingi Presiden RI Ke 5 Saat Berte...
30 Jun 2018 12:13 - Redaksi

Presiden RI ke 5, Megawati Soekarno Putri saat bertemu PM Malaysia   JAKARTA Kabarpost.com - Gube [ ... ]

Lihaga Beach Club Bakal Ramaikan Sektor Pariwisata...
25 Oct 2018 12:45 - Redaksi

Konfrensi Pers PT Karyadeka Alam Asri.    MANADO Kabarpost.com - Lihaga, merupakan sebuah Pulau  [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah