AJI Manado. 

 

MANADO kabarpost.com - Meski mendukung penuh upaya pemerintah untuk pemberantasan korupsi di Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menolak adanya kriminalisasi jurnalis. 

Hal ini terungkap pada diskusi bertema “Peran Publik dan Jurnalis Dalam Pemberantasan Korupsi” di Sekretariat AJI Manado, Jumat (9/11/2018).

Ketua AJI Manado, Yinthze Lynvia Gunde mengawali diskusi dengan menyebut maraknya pembicaraan isu-isu dugaan korupsi. Juga soal kontroversi laporan investigasi lima media kolaborasi IndonesiaLeaks yang membuka mata publik akan informasi penting yang dinilai sengaja ditutup-tutupi dalam “Skandal Buku Merah”.

Dalam buku tersebut ada dugaan pengrusakan barang bukti oleh duo eks penyidik KPK dari institusi kepolisian. Pengrusakan barang bukti tersebut, patut diduga untuk menghilangkan jejak transaksi suap gratifikasi pengusaha daging Basuki Hariman kepada pejabat yang terkait dengan institusi kepolisian.

Dalam lembaran yang hilang pada Buku Merah itu (BACA: Bukti Buku Bank Perusahaan Basuki Hariman), ada nama mantan Kapolda Metro Jaya yang saat ini Kapolri Tito Karnavian, ikut tercantum.

“Laporan investigasi ini, kemudian juga dipolitisasi sedemikian rupa oleh kubu yang berseberangan dengan pemerintah. Isu ini dijadikan komoditi yang digoreng oleh elit oposisi untuk menyudutkan pemerintahan Joko Widodo, hingga berujung pada laporan perdata dan pidana oleh seorang oknum pengacara terhadap Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan,” sebut Gunde.

AJI Indonesia adalah salah satu inisiator dan pendiri IndonesiaLeaks bersama lembaga jurnalis yang sangat berpengalaman dalam kerja-kerja investigasi, di antaranya PPMN, dan Tempo Institute. IndonesiaLeaks juga didukung oleh NGO yang berpengalaman dan berdedikasi besar dalam menjalankan fungsi kontrol publik (ICW, AURIGA, LBH PERS, CHANGE.ORG, GREENPEACE).

“IndonesiaLeaks tidak berafiliasi dan menjalin hubungan politik dengan pihak manapun, baik dengan kubu pemerintah maupun dengan kubu yang berlawanan dengan pemerintah,” tegas Gunde.

Ada beberapa pandangan dalam upaya pemberantasan korupsi. Dimana salah satunya publik yang di dalamnya juga jurnalis, bukan dikriminalisasikan karena masuk dalam bagian upaya pemberantasan rasuah.

“Jurnalis tidak bisa dikriminalisasi atas karya jurnalistik mereka. Apalagi yang isinya kredibel dan sesuai dengan kode etik jurnalis. Ada jalur tersendiri jika ingin menuntut, yaitu mengacu pada Undang-undang Pers, bukan pidana,” kata 2 aktivis hukum, Mercy Umboh dan Welly Mataliutan.

Sedangkan Majelis Etik AJI Manado, Yoseph Ikanubun menyatakan penyesalannya atas kriminalisasi terhadap Ketua AJI Indonesia, Abdul Manan. Dia menyebut garis perjuangan AJI sangat jelas, yaitu tidak berpihak pada apapun yang bersentuhan dengan korupsi.

“Ini adalah roh AJI, pemberantasan korupsi, keberpihakan pada lingkungan dan kemanusiaan. Ini bukan hanya kriminalisasi terhadap ketua umum tapi juga kriminalisasi terhadap roh AJI. Roh kita,” tegas Ikanubun.

Namun tak hanya soal IndonesiaLeaks, berbagai kasus-kasus di dunia peradilan, pemerintahan hingga penganggaran juga terangkat dalam diskusi yang dihadiri oleh kurang lebih 25 orang, di antaranya para anggota AJI, calon-calon anggota AJI tahun 2018, aktivis hukum dan sejumlah mahasiswa.

“Sebagai jurnalis, kita bukan hanya mengambil bagian dalam memperjuangkan pemberantasan korupsi. Tapi kita juga harus mampu berjejaring, untuk kemudian mencegah korupsi terjadi lewat karya-karya jurnalistik,” tambah Gunde.

Menutup diskusi, para jurnalis menyatakan tekad untuk tetap berperan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi dan menolak kriminalisasi terhadap jurnalis.

 

(Ay / AJI Manado) 

 

Terpopuler

Resmikan Groundbreaking RSUD Provinsi Sulut, Olly ...
23 Oct 2019 10:12 - Redaksi

Gubernur Sulut Olly Dondokambey meresmikan groundbreaking pembangunan RSUD Provinsi Sulawesi Utara d [ ... ]

Dua Remaja Perusak Pintu Diamankan Tim Paniki
05 Aug 2019 13:11 - Redaksi

Pelaku saat diamankan.   MANADO kabarpost.com - Tim Paniki Rimbas 1 Polresta Manado berhasil meng [ ... ]

Verifikasi Faktual Rampung, Jacko: Ini Wujud Nyata...
30 Jan 2018 01:25 - Redaksi

OSO, BRANI, JACKO.    MANADO Kabarpost.com - Dibawah kepemimpinan Ketua Jackson Andre William K [ ... ]

Aksi damai ( K ) SBSI Sulut di Terima Ketua Dewan ...
03 Oct 2019 04:21 - Redaksi

Penandatangan nota keaepakatan ketua K SBSI Sulut Lucky Ch Sanger dan Ketua dewan Sulut Andrey Angow [ ... ]

Other Articles