asiten I amin musa mewakili bupati sehan landjar dalam pencanangan kampung KB di Desa Bukaka.  

 

BOLTIM kabarpost.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP&KB) mencanangkan Desa Bukaka Kecamatan Kotabunan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KKB).

 

Pencanangan KKB ini di hadiri oleh Asisten I Amin Musa, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Pejabat Esselon II,III dan IV, para Sangadi dan Aparat Desa, BPD dan Masyarakat.

 

Pada kesempatan itu Asisten I Amin Musa membacakan sambutan Bupati menyampaikan, kepada BKKBN Provinsi yang senantiasa bekerjsa sama dan memfasilitasi kami dalam memaksimalkan semua program keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Kabupaten Boltim.

 

Menurutnya, kampung KB merupakan salah satu senjata pamungkas pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan terutama di wilayah-wilayah yang jauh dari pusat perkotaan.

 

Kehadiaran kampung KB kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan pembangunan Keluarga (KKBPK). Sedangkan tujuan kampung KB yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

 

Prinsipnya program KKBPK adalah penerapan delapan fungsi keluargga, guna mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

 

Selain itu kampung KB juga merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan nawacita ke 3, 5, dan 8.

 

"Nawacita ketiga yaitu mebangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nawacita kelima yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta nawacita kedelapan yaitu melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia,"paparnya.

 

Lanjutnya, meski demikian tidak semua kampung bisa masuk program kampung KB. Dalam hal kriteria utama untuk masuk dalam program kampung KB yaitu, sebuah kampung harus memiliki syarat-syarat seperti jumlah keluarga miskin di atas rata-rata, bagi yang membentuk setara desa, jumlah keluarga miskin di desa tersebut harus diatas rata-rata kecamatan di mana desa itu berada. Selain itu, syarat utama lainnya adalah pencapaian KB di desa tersebut sangat rendah.

 

"Untuk memenuhi kriteria tersebut, intervensi dari sektor lain sangat diperlukan. Misalnya, di kampung KB ada orang yang tidak mampu menyekolahkan anaknya, maka instansi terkait harus berperan aktif mengatasi permasalahan itu. Contoh lain yaitu di kampung KB tidak memiliki fasilitas MCK, maka instansi terkait wajib mencari solusi dan penyelesaian masalah di kampung KB tersebut," jelasnya.

 

Ia tekankan, agar kegiatan ini jangan hanya sekedar seremonial penacangan. Akan tetapi, harus benar-benar dilaksanakan secara nyata, terpadu, bermanfaat dan tepat sasaran.

 

"Khusus kepada seluruh jajaran SKPD agar dapat melaksanakan program prioritas di lokasi Kampung KB dengan selalu berkoordinasi antar sesama pemangku kepentingan, agar apa yang menjadi tujuan pembangunan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Kemudian, perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan KB agar dilaporkan secara berjenjang baik keberhasilan maupun kendala yang di hadapi untuk di pecahkan bersama-sama. Dan, kepada seluruh camat agar segera menindak lanjnuti pencanangan kampung KB di kecamatan masing-masing yang pelaksanaannya dikoordinasikan dengan SKPD terkait," tegasnya.

 

Usai membacakan pidato Bupati, Asisten I Amin Musa sekaligus menandatangani Prasasti pencanangan Kampung KB untuk tujuh Kecamatan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dan dilanjutkan dengan peresmian Rumah Dataku atau rumah data kependudukan kampung KB Desa Bukaka.

 

Ditempat yang sama Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Boltim yang telah mencangkan kampung KB di Desa Bukaka.

 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemda telah menangkan Kampung KB di Desa Bukaka," kata Arfan.

 

Sembari menambahkan, dengan program kampung KB ini sangat tepat untuk Desa Bukaka sebagai pemacu pembangunan infrastruktur penunjang di Bukaka.

 

"Masyarakat Desa Buaka sangat antusias dengan program ini, mendengar pidato bapak Bupati yang di bacakan pak Asisten I, masyarakat saya langsung mengapresiasi dengan program ini," bebernya.

(feb)

Terpopuler

Michael Bolton Bakal Ramaikan Ivent Christmas Fees...
27 Nov 2018 02:19 - Redaksi

Rapat koordinasi dalam rangka Christmas Festival   MANADO Kabarpost.com - Ajang ivent Christmas F [ ... ]

Oknum Aktivis Bolmong Diperiksa di Polda
02 Feb 2018 06:17 - Redaksi

Kombes Pol Ibrahim Tompo - Husni Towidjojo   MANADO Kabarpost.com - Setelah dua kali tidak memenu [ ... ]

Satukan Tekad Solid Bergerak, Relawan SOS Siap Men...
16 Oct 2020 13:50 - Redaksi

Olly Dondokambey saat menghadiri acara Pelantikan dan Peresmian Sekretariat Relawan Sahabat Olly-Ste [ ... ]

Punya 7 IKB, Balai Bibit Ternak dan Benih Pertania...
15 Mar 2018 14:29 - Redaksi

Kepala UPTD Bibit Ternak dan Benih Pertanian Sulut, Leonard Liwoso.    MANADO Kabarpost.com - Ke [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah