Meike Mamahit, kepala Inpektorat Boltim .

 

BOLTIM kabarpost.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Inspektorat Bolaang Mongondoe Timur (Boltim) menemukan di 20 Desa adanya pekerjaan proyek fisik belum selesai. Demikian Kepala Inpektorat Meike Mamahit kepada media. Senin, (7/01/2019).

 

"Hasil pemeriksaan dana desa tahap II, tim menemukan ada 20 desa yang proyek fisiknya dan administrasi belum selesai. Masing-masing ada sekitar 10 desa pekerjaan fisiknya tidak selesai dan 10 Desa bermasalah administrasi," beber Mamahit.

 

Kata Mamahit, hasil pemeriksaan dan konfirmasi dengan Sangadi (Kepala Desa, red) ternyata, proyek yang belum selesai, diakibatkan dana sisa proyek diatur pada tahap III.

 

Lanjutnya, tim Pemkab Boltim, yang akan dipimpin oleh Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan Sekretaris Daerah Muhammad Assagaf akan turun langsung meninjau pengunaan Dana Desa (DD), Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan Biaya Operasional Kesehatan BOK dan lain-lain.

 

"Wabup dan Sekda akan turun langsung ke Desa-Desa guna untuk melakukan pemeriksaan di masing-masing Desa, Sekolah dan Puskesmas. Karena rata-rata proyek belum selesai jumlah anggarannya cukup besar yaitu nominalnya Rp200 sampai Rp300 juta," jelasnya.

 

Ia menambahkan, apa bila ini tidak selesai maka sangadi dan pengelola yang di bentuk di Desa akan bertanggung jawab di hadapan hukum.

 

"Apa bila pekerjaan proyek mau pun administrasi ini tidak selesai maka yang terlibat di dalamnya harus mempertanggung jawabkan di hadapan hukum, karena ini menyangkut uang negara bukan uang pribadi," tegasnya.

 

Selain itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Muhammad Assagaf mengatakan, akan turun di desa langsung memeriksa dana desa, apalagi proyek belum selesai.

 

"Sebelum BPK akan turun mengaudit, Pemkab akan terlebih dulu memeriksa semua pengelolaan keuangan dan kwalitas pekerjaan proyek. Hari ini kami lakukan peninjauan langsung di masing-masing Desa," Kata Assagaf.

(feb)

Terpopuler

Sosialisasi Pembebasan Lahan. Bupati Landjar Berha...
22 Aug 2019 12:17 - Redaksi

sosialisasi pembebasan lahan pertambangan PT.ASA.   KOTABUNAN kabarpost.com - Bupati Bolaang Mong [ ... ]

Apresiasi Tenaga Kesehatan Covid 19, Pemprov Sulut...
14 Jul 2020 05:48 - Redaksi

Olly Dondokambey dan Steven Kandouw   MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara d [ ... ]

4 Rumah di Kayumoyondi Dilalap Sijago Merah
01 Feb 2018 14:33 - Redaksi

Nampak warga saat memadamkan api dengan alat seadanya.   TUTUYAN kabarpost.com -Kebakaran terjadi [ ... ]

Ketua Dekab Boltim Resmi Melantik Dua Anggota DPRD...
11 Jan 2019 13:05 - Redaksi

 pelantikan dua anggota DPRD hasil PAW .   BOLTIM kabarpost.com - Bertempat diruang paripurna De [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah