Slamet Umbola, Kepala Dinas PMD Boltim. 

 

BOLTIM kabarpost.com - Program pengembangan pembangunan fisik dan non fisik di 80 Desa di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) segera terlasana kembali seiring pencarian anggaran Dana Desa (Dandes) Tahap I Tahun 2019, akan segera dicairkan ke Rekening Kas Umum Desa (RKUDes) secara serentak pada pekan ini.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masuarakat Desa (DPMD) Slamet Umbola melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat Desa Fitra Damopolii mengatakan. Dandes segera akan di cairkan. Meski demikian, ada beberapa syarat menjadi ketentuan yang harus di penuhi oleh Pemerintah Desa (Pemdes), syaratnya tidak jauh perbedaannya dengan tahun sebelumnya 

 

”Dandes rencananya segera akan di dicairkan mengingat Peraturan Bupati (Perbup) terkait dengan perhitungan rincian DD Perdesa dan Perbup pengelolaan Keuangan Desa di Boltim sudah di tandatangani oleh pak Bupati, dan tahap selanjutnya, pihak PMD dan BPKD akan mengkoordinasikan Perbup tersebut ke KPPN, untuk mendapatkan persetujuan pencairan Dandes tahap I mudah-mudahan hal ini cepat terkoordinasi dgn KPPN agar pekan depan Dandes tahap I akan segera di salurkan ke rekening Kas Daerah yang selanjutnya akan dilakukan proses pencairan DD dan ADD ke rekening kas masing-masing,” ujarnya.

 

Selain itu Kepala Dinas PMD Slamet Umbola, mengimbau kepada Pemerintah Desa agar segera melengkapi dokumen sebagai syarat administrasi pencairan DD Tahap I. Syarat administrasinya adalah:

1. Dokumen RPJMdes bersama perdesnya bagi desa yang barusaja melaksanakan Pilsang.

2. Dokumen RKPDes tahun berjalan bersama perdesnya.

3. APBDes bersama Perdes APBDes T. A 2019.

4. Laporan realisasi program kegiatan anggaran tahun sebelumnya yaitu 2018

Serta permohonan pencairan APBDes tahap 1 tahun 2019.

 

Katanya Dia, ada beberapa hal yang mempengaruhi Dandes tidak bisa dicairkan diantaranya, belum melaporkan pelaksanaan kegiatan tahap III untuk Dandes tahun 2018.

 

”Desa yang belum sempat melaporkan terkait pelaksanaan program kegiatan tahap III kemarin di tahun 2018 agar segera menyampaikan pelaksanaan tersebut ke admin Siskeudes, karena hal ini akan berpengaruh pada proses pencairan Dandes tahap 1 ini, jangan sampai harapan kita untuk segera memperoleh Dandes tahap 1 tahun ini akan terkendala akibat ulah dari sebahagian desa yg malas dan ogah-ogahan dalam melaporkan pelaksanaan anggaran ke Kabupaten, dan ini akan berakibat fatal bagi Pemdes dalam pencairan Dandes,”tuturnya.

 

Harapannya, demi kesejahteraan dan kemajuan desa, diperlukan kerjasama yang baik oleh pemerintah desa terkait pengelolaan keuangan yang berpedoman pada regulasi agar terhindar dari masalah.

 

"Kami dari instansi teknis sangat berharap kerjasama yang baik dengan pemerintah desa, untuk melaksanakan pengelolaan keuangan desa dengan sebaik mungkin dan tetap berpegang serta berpedoman pada ketentuan peraturan perundang undangan yang ada, agar terhindar dari masalah yang berimbas pada proses hukum, sehinga mari kita bangun Desa dengan dedikasi yang tinggi serta dengan penuh rasa tanggung jawab yang besar untuk kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

(feb)

Terpopuler

Tim Macan Resmob Ringkus Pelaku Penganiayaan
27 Dec 2019 14:12 - Redaksi

Pelaku yang ditangkap.   MANADO Kabarpost.com - Tim Macan Resmob Polresta Manado berhasil mengama [ ... ]

Pemeriksaan Terinci BPK, dr Ivan: Ini Penting Bagi...
26 Nov 2019 10:03 - Redaksi

(dr Ivan Sumenda Marthen) Manado Kabarpost.com - Pemeriksaan terinci yang akan dilakukan Badan Peme [ ... ]

TP-PKK dan DWP Sulut Peduli Banjir Manado
03 Feb 2019 15:37 - Redaksi

Ketua TP PKK Sulut, Rita Dondokambey Tamuntuan bersama rombongan saat menyerahkan bantuan kepada kor [ ... ]

17 Tahun Mengabdi Sebagai Guru di Pulau Lembeh, In...
11 Jun 2020 03:34 - Redaksi

Hernie Onibala.   BITUNG Kabarpost.com - Mengabdi sebagai guru membentuk generasi anak bangsa di [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah