MANADO Kabarpost. com - Survey ekologi yang dilaksanakan oleh Cargill dan LSM Manengkel Solidaritas di perairan Desa Kapitu, Minahasa Selatan, ternyata mendapati adanya ekosistem pesisir yang lengkap. Ekosistem itu adalah Terumbu Karang, Lamun dan Mangrove. 

 

“Untuk itu, kami mengidentifikasi desa tersebut (Kapitu) bisa dijadikan area rehabilitasi, karena masuk dalam area penting di sekitar Teluk Amurang,” ujar Ketua Manengkel Solidaritas Sulut, Sella Runtulalo, Sabtu (30/3/2019) melalui rilis kepada Kabarpost. com

 

Runtulalo menuturkan ketiga ekosistem inilah merupakan kunci dari kesuburan dan keanekaragaman laut. Termasuk di dalamnya adalah memberikan kehidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar teluk Amurang.

 

“Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga ekosistem itu sebagai kelangsungan hidup dan pelestarian lingkungan di masa depan,"terangnya.

 

Cargill dan LSM Manengkel Solidaritas berinisiatif memperbaiki ekosistem laut di Desa Kapitu, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut). Caranya, melalui kegiatan transplantasi karang.

 

Sebanyak 240 bibit karang jenis Genera Arcopora yang telah tertanam di 20 modul transplantasi, siap disemai, Jumat (5/4/2019) pekan depan.

 

 

Kegiatan ini menurut Imelda Tandako, Plant Manager PT. Cargill Indonesia di Amurang, merupakan salah satu program jangka panjang perusahaan yang dimulai dari memperbaiki lingkungan laut. Selain itu juga merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahan terhadap masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan.

 

“Program ini ternyata mendapat respon baik dari Pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten Minsel,” ucap Imelda.

 

(tian)

Terpopuler

Deprov Target Perda Pohon Selesai Tahun 2018
17 Feb 2018 15:44 - Redaksi

Amir  Liputo   MANADO Kabarpost.com - Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara ( [ ... ]

Proyek Jalan Gunung Tumpa Diselidiki Polda, Diduga...
01 Apr 2018 12:17 - Redaksi

Polda Sulut.    MANADO Kabarpost.com - Proyek Jalan Gunung Tumpa berbandrol puluhan miliar rupan [ ... ]

Aris Gauli Siswi SMA Sampai Hamil
05 Aug 2018 23:52 - Redaksi

Ilustrasi.   MANADO kabarpost.com - Polsek Malalayang akhirnya mengamakan lelaki AB alias Aris (2 [ ... ]

Wabup Rusdi Gumalangit Hadiri Upacara HUT Bhayangk...
12 Jul 2018 07:12 - Redaksi

Foto bersama setelahnselesai upacara.    KOTAMOBAGU kabarpost.com - Wakil Bupati Bolaang Mongon [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3