Hariyanto dan Soesanto Mamonto.

 

BOLTIM kabarpost.com - Penyelesaian pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), berdasarkan regulasi kepemiluan. 

Demikian di tegaskan, Pimpinan Bawaslu Boltim Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S), Hariyanto.

 

Di katakannya, setiap penanganan laporan langsung di tindak lanjuti berdasarkan perundang-undangan. 

 

"Ada laporan kita langsung tindak lanjuti. Dan semua laporan kita telusuri sesuai UU Nomor 7 tahun 2017 dan peraturan teknis lainya baik Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) maupun Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)," kata Hariyanto.

 

Terkait tudingan, lemahnya Bawaslu menindaklanjuti laporan pelanggaran di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia menjelaskan, hal tersebut merupakan tuduhan tanpa dasar. Menurutnya, laporan dugaan pelanggaran pungut hitung di 14 Desa telah di tindak lanjuti.

 

"Ada laporan dari salah satu caleg terkait dugaan pelanggaran pungut hitung di 14 Desa. Laporan masuk pada 24 April. dan itu sudah di tindak lanjuti namun tidak terbukti. Seluruh saksi yang dihadirkan tidak bisa memberikan keterangan karena tidak melihat secara langsung dugaan pelanggaran di TPS yang diadukan," urainya.

 

Terpisah, Pimpinan Bawaslu Boltim Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga, Soesanto Mamonto menuturkan, pengawasan terhadap pelanggaran telah dilakukan dengan maksimal oleh seluruh jajaran Bawaslu. 

 

"Pengawasan intens kita lakukan, sejak tahapan Pemilu, pemungutan suara di TPS hingga mengawal hasil pemilihan," terangnya.

 

Ia menambahkan, pihak Bawaslu terbuka dan siap menindaklanjuti laporan pelanggaran Pemilu. 

 

"Jika ada bukti autentik tentu hal itu menjadi dasar Bawaslu memproses hingga memberikan rekomendasi. Semua harus sesuai regulasi," pungkasnya.

(feb)

Terpopuler

Penganggur Ini Ancam Anggota Polri Dengan Sajam
21 Apr 2020 14:53 - Redaksi

Tersangka yang ditangkap.   MANADO Kabarpost.com - Seorang lelaki berinisial JSW alias Josua (22) [ ... ]

61 Siswa SMAN Kumelumbui Ikut Penamatan
14 May 2019 09:37 - Redaksi

 SMAN Kumelumbui.   MANADO Kabarpost.com- Kepala SMAN Kumelumbui Popie S. Mongkareng, SPd, MPd m [ ... ]

Promosikan Kesehatan di Manado, Walikota GSVL MoU ...
14 Jan 2020 12:48 - Redaksi

(Walikota GSVL saat melakukan penandatanganan MoU dengan Poltekes Kemenkes)   MANADO Kabarpost.c [ ... ]

Hadiri Tabligh dan Dzikir Akbar. Bupati Sehan: Mar...
01 Apr 2019 14:05 - Redaksi

bupati boltim sehan landjar memberikan sambutan pada perayaan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW di Masji [ ... ]

Other Articles