Paripurna DPRD Boltim dalam rangka penetapan Ranperda pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2018. 

 

BOLTIM kabarpost - Bertempat di ruang sidang Dewan Permusyawaratan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar paripurna dalam rangka penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018. Selasa (18/06/2019).

 

Sidang Paripurna ini di pimpin langsung Ketua DPRD Drs. Marsaoleh Mamonto. 

 

Mamonto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud kepatuhan pemerintah terhadap Undang-undang.

 

“Pelaksanaan paripurna atas penetapan APBD tahun anggaran 2018 ini didasarkan pada undang-undang tentang pemerintahan daerah sebagai dokumen yang sah melalui Ranperda yang sudah di tetapkan,” kata Mamonto.

 

Sebelum itu, menurut pandangan umum anggota DPRD Argo Sumaiku, air bersih sangat dikeluhkan masyarakat yang berada di desa-desa terpencil.

 

“Sesuai hasil reses beberapa waktu, ada beberapa desa pelosok yang tidak menikmati air bersih. Beberapa program air bersih yang dianggarkan sejak tahun 2011 lalu dinilai tidak sesuai harapan,” ketusnya saat paripurna sedang berlangsung.

 

Selain itu lanjut Argo, pinggiran sungai di desa Molobog harus dibangun tanggul penahan air karena sering banjir.

 

“Jika cuaca hujan, sejumlah rumah di desa Molobog terpaksa harus tergenang banjir luapan air sungai. Itu diharapkan agar segera dibangun tanggul (broncong),” ujarnya.

 

Selanjutnya, penyampaian pandangan umum oleh Anggota DPRD Rael Agow mengharapkan, pemkab segera membangun Rumah Sakit, karena itu adalah kebutuhan masyarakat.

 

“Dengan adanya RS, masyarakat Boltim lebih dimudahkan untuk berobat atau memeriksa kesehatan. Tidak perlu jauh-jauh keluar daerah,” pinta Agow.

 

Selanjutnya Wakil Bupati Rusdi Gumalangit membacaan sambutan Bupati Sehan Landjar

 

Setelah itu, menanggapi pandangan umum Aleg Boltim, Wabup Rusdi mengatakan, kebutuhan masyarakat adalah tanggungjawab kita sebagai pemangku daerah.

 

“Penyiapan air bersih, pembuatan tanggul penahan air dan pembangunan RS, tentunya adalah tanggungjawab kita semua selaku pemerintah. Dan itu pasti akan dianggarkan demi kesejahteraan masyarakat Boltim khusunya,” sebut Wabup.

 

Untuk diketahui, seluruh anggota DPRD yang hadir pada paripurna penetapan tersebut setuju ditetapkannya Ranperda penetapan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 sebagai peraturan daerah.

 

Turut hadir dalam giat tersebut yakni, Sekertaris Daerah, Ir Muhammad Assegaf, Assisten 1, 2, dan 3, Wakil Ketua DPRD Sumardia Modeong dan Antonius Muaya, dan unsur Forkopimda. 

 

(feb)

Terpopuler

Sertikasi Guru Triwulan III Menunggu SK Dirjen
31 Oct 2017 13:29 - Redaksi

Manado,Kp - Pencairan sertifikasi guru triwulan III belum terealisasi dan masih menunggu SK Direktor [ ... ]

Inisiatif Sekda Assagaf Penuhi Stok Darah, Dinkes ...
16 Mar 2019 02:11 - Redaksi

dinkes gelar donor darah.    BOLTIM kabarpost.cim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas  [ ... ]

Punya 7 IKB, Balai Bibit Ternak dan Benih Pertania...
15 Mar 2018 14:29 - Redaksi

Kepala UPTD Bibit Ternak dan Benih Pertanian Sulut, Leonard Liwoso.    MANADO Kabarpost.com - Ke [ ... ]

Temuan Mayat di Sungai Gegerkan Warga Molobog
01 Feb 2018 14:54 - Redaksi

Korban saat ditemukan di tepi sungai Molobog.    MOTONGKAD kabarpost.com- Warga Molobog, Kecamat [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu manado