Slamet Umbola,  Kadis DPMD. 

 

BOLTIM kabarpost - Hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) tentang penggunaan Dana Desa (Dandes) di masing-masing Desa ternyata belum maksimal. 

 

“Sebagian besar pemerintah desa (Pemdes) belum maksimal dalam mengelola dandes karena tidak bisa berinovasi dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Slamet Umbola.

 

Slamet mengatakan, Monev tersebut melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Inspektorat Daerah, Bagian Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda), serta DPMD sebagai istansi teknis. 

 

"Dalam monev ini pak wabup fokus pada pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sedangkan pak sekda fokus pada pengelolaan dandes dan perencanaan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) serta RKADes. Monev ini dimulai pada tanggal 18 Juni dan berakhir pada 4 Juni di Kecamatan Tutuyan," terangnya.

 

Sementara itu, Sekda Muhammad Assagaf mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemdes Atoga Timur melalui Bumdes Pelangi yang sukses memanfaatkan potensi alam dan hutan sekitar untuk dijadikan tempat wisata. 

 

"Kita berharap desa-desa yang lain dapat berinovasi. Namun yang terjadi saat ini ada desa yang hanya meniru Bumdes dari desa lain dalam pengelolaannya, tentunya ini tidak maksimal," ungkap Assagaf.

 

(feb)

Terpopuler

Terus Bersama Masyarakat Hadapi Pandemi Covid 19, ...
28 May 2020 11:50 - Redaksi

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw     MANADO Kabarpost.com - Ditengah Pa [ ... ]

Bukber di Tuminting, Olly Ingatkan Pentingnya Keru...
25 May 2018 18:54 - Redaksi

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menyerahkan bantuan kepada warga muslim di Tuminting.   MAN [ ... ]

Terlibat Narkoba, Lontoh dan Longdong Dipecat Part...
02 Feb 2018 11:30 - Redaksi

Marthen Manopo   MANADO Kabarpost - Karena terlibat dengan pemakaian narkoba beberapa waktu lalu, [ ... ]

Sejahterakan Petani, Disbun Sulut Gandeng Akademis...
12 May 2020 11:21 - Redaksi

Kadis Ngantung saat foto bersama tim dari Fakultas Pertanian Unsrat     MANADO Kabarpost.com -  [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat