Hariono Sugeha, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemda Boltim.

 

 

 

 

 

BOLTIM kabarpost.com - Sebagai lembaga yang terlibat melaksanakan fungsi pemerintahan di dalam Desa, Tahun ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan melakukan penataan kembali semua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 80 Desa.

 

 

 

 

 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hariono Sugeha menjelaskan, penataan BPD salah satu tujuan untuk melakukan kontrol terhadap jalannya pemerintahan yang ada di Desa.

 

 

 

"Pak Bupati menginginkan roda pemerintahan serta pembangungan di Desa berjalan dengan baik maka perlu adanya BPD yang pahan tentang tugas dan fungsi menyambungkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan,"tegas Sugeha.

 

 

 

Dalam UU nomor 6 Tahun 2014 pasal 55 sangat jelas tentang fungsi BPD. Yaitu, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (RPD) bersama Kepala Desa. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan Melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

 

 

 

"Dari fungsi hukum atau fungsi legislasi, BPD memiliki fungsi membahas dan menyepakati RPD bersama Kepala Desa, sedangkan fungsi politik, BPD dapat menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan pengawasan kinerja kepala Desa," bebernya.

 

 

 

Jelasnya lagi, pelaksanaan, penataan BPD setelah APBD Perubahan, mengapa demikian karena kita masih terkendala dengan anggaran.

 

 

 

"In Shaa Allah setelah APBD-P, akan melakukan penataan semua anggota BPD di 80 Desa. Kalau ABPD-P sudah jalan, secepatnya akan di laksanakan,"kata Sugeha.

 

 

 

Syarat untuk menjadi anggota BPD. Kata Sugeha, minimal Ijasah SMA atau sederajat. Sebagai mana Peraturan Bupati (Perbup) disitu menegaskan tentang syarat dan calon menjadi anggota BPD.

 

 

 

"Penegasan dari Pak Bupati supaya terjadi penguatan di dalam desa sehingganya calon anggota BPD minamal SMA atau sederajat agar fungsi BPD ini betul-betul mengetahui tugas dan fungsi BPD. Karena banyak terjadi sebagai BPD tetapi tidak tahu apa harus dia kerjakan sehingga ada kekeliruan di Wilayahnya BPD hanya diam dan jadi Penonton," pungkas Sugeha.

 

 

 

(feb)

 

 

 

 

Terpopuler

DPRD Boltim Berpatisipasi di Jumbara PKK Kabupate...
17 Oct 2019 01:43 - Redaksi

 beberapa aleg boltim di stand KIAD DPRD Boltim pada Jumbara PKK ke-IX.
BOLTIM Kabarpost.com - 20 [ ... ]

Dedi Abdul Hamid Resmi Dilantik Gubernur Olly Jaba...
23 Apr 2019 05:19 - Redaksi

Gubernur Olly saat melantik Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Dedi Abdul Hamid untuk sisa masa  [ ... ]

Peduli Petani Kelapa Sulut, Olly Kembangkan Indust...
26 Nov 2018 14:20 - Redaksi

Olly Dondokambey.    MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE meranc [ ... ]

Juara Tiga Lomba Foto Pelangi Nusantara 2019, Jurn...
30 Sep 2019 11:04 - Redaksi

Nampak muhammad riswan hulalatan (tengah) bersama peserta lainnya pada pengumuman juara foto pelangi [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat