Nampak ketua Baznas Boltim menyaluran bantuan UKM kepada Mustahiq.  

 

BOLTIM kabarpost.com - Guna meningkatkan perekonomian Masyarakat. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Peduli Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memberdayakan Mustahiq dengan menyalurkan bantuan kepada 20 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sabtu (28/07/2019).  

 

Ketua Baznas Boltim Kiai. Abdul Rahman Modeong menyampaikan, bahwa ini merupakan kegiatan perdana yang di laksanakan oleh Komisioner Baznas Boltim.

 

"Ini untuk pertama kali di laksanakan oleh Komisioner Baznas Boltim di perkenalkan kepada Masyarakat yang ada di Wilayah Boltim," jelasnya.

 

Dijelaskannya, bantuan yang di berikan untuk peningkatan modal usaha Mustahiq atau penerima ini merupakan hasil dari dana Zakat Mal perorangan, Infaq dan shadaqah yang di himpun dari jamaah Muzaki.   

 

"Dana bantuan mustahiq bersumber dari hasil infaq yang di di himpun Rp25.000 per kepala kelurga. Kemudian dari Zakat dan Shadaqah dari Muzaki melalui ASN dan Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang telah dengan sungguh-sungguh mengelurkan 2.5 persen dari harta milik mereka. Jadi uang ini bukan dari pengurus atau di peruntukan untuk pengurus Baznas namun semata-semata uang ini dari Muzaki atau pemberi bantuan," beber Kiai. Modeong. 

 

Ia berharap. Adanya bantuan dari Baznas Boltim ini dapat bermanfaat untuk pengembangan usaha Mustahiq.

 

"Semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk pengembangan usaha menjadi produktif dan menjadi berkah. Kemudian niat kita untuk berzakat makin tinggi pula. Bila usahanya meningkat kedepan sudah bisa menjadi Muzaki atau pemberi bantuan, buka lagi Mustahiq atau penerima bantuan," harap Ketua Baznas sekaligus Pimpinan Pesantren Buyat ini.    

 

Sembari menambahkan, Baznas adalah lembaga non sturktural. Sampai saat ini belum ada sentuhan dari Pemerintah Daerah Boltim. 

 

"Meskipun tidak ada sentuhan dari Pemda, Tapi kami sebagai Komisioner Baznas Boltim tetap bersemangat bekerja sesuai amanah, karena ini tugas mulia yang harus kami jalankan," ucap Kiai Modeong.

bersama Komisoner Baznas Boltim bersama Mustahiq.

 

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan. Widianarko Kartiman, S.Pd Mengatakan, ini awal pertama uji coba yang di gagas Baznas Boltim. Ia berharap Mustahiq dapat menggunakan bantuan ini dengan optimal di bidang UKM.

 

"Komisioner Baznas akan melakukan pendampingan, di awasi dan di evalusi setiap enam bulan sejauh mana kemajuan usaha yang di modali oleh Baznas tersebut, apakah ada peningkatan atau tidak. Kalau tidak, maka program berikut akan di alihkan ke tempat usaha lain. Karena dinilai pemiliknya gagal dalam memenets usahanya," kata Kartiman.

 

Setiap penerima bantuan di berikan spanduk baznas di pajang di depan tempat usaha untuk memudahkan pengawasan dari Baznas.  

 

"Diharapkan spanduk Baznas ini di pasang di depan tempat usaha, bukan untuk di simpan," pinta Kartiman.  

 

Dijelaskannya lagi. Sumber dana yang di distribusikan kepada mustahiq ini bersumber dari dana zakat mal perorangan, kemudian dari ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Boltim meskipun kata kartiman baru mencapai 17 persen yang menyalurkan dari total ASN di Boltim, di tambah Infaq dan shadaqah dari UPZ dari Masjid yang ada di Boltim. 

 

"Dana yang terkumpul dari sumber Zakat mal plus UPZ di tahun 2019 ini berjumlah Rp 266 Juta," beber Kartiman.

 

Terkait program yang sudah di laksanakan Baznas Boltim sesuai asnaf. Yakni; paket ramadhan, kemduain bantuan pendidikan 20 Mahasiswa sudah semester dengan nilai IPK 3.00 kategori kurang mampu, 200 orang fakir miskin, sunatan masal untuk 200 anak, selain itu pada tahun 2018 kemarin kita bersama-sama dengan Baznas Kabupaten/Kota lainnya menyalurkan bantuan peduli Rohingya, kemudian bantuan bencana peduli Palu, bantuan bencana kebakaran pesantren Buyat. Selain itu juga ada anggaran tak terduga seperti proposal masuk orang sakit dan sebagainya kita berikan bantuan sesuai dengan keuangan yang ada di tangan Baznas.

 

"Apa pun program yang kami lakukan sangat terkait dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2019. Dan program ini akan berlanjut terus apa lagi program pemberdayaan yang bertujuan bagaimana kita mengkondisikan masyarakat yang tadinya statusnya sebagai Mustahiq maksudnya orang sangat tidak berdaya kita berdayakan dengan harapan dapat di gunakan secara optimal sehingga bisa menjadi Muzaki," jelasnya. 

 

Sembari menambahkan, adapun kegiatan Baznas hari ini mendistribusikan sekitar 20 orang Mustahiq, total dana bantuan Rp 127 juta dengan variasi bantuan sesuai usaha yang mereka miliki.

 

Wakil Ketua 1 Bidang Drs. Abdul Rohim menjelaskan, hasil dari pada dana Baznas adalah dari ASN dan hasil UPZ di masing-masing masjid di Kabupaten Boltim. Sebagiamana sudah menjadi aturan baku UPZ adalah 70 persen masuk ke kas Baznas dan 30 persen untuk pengurus UPZ di masing-masing Masjid. Namun, kenyataannya di lapangan justru sebaliknya artinya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

"Seandainya panitia UPZ melaksanakan sesuai dengan aturan mungkin bukan hanya begini yang kami distribusikan tapi akan lebih. Nah, ini yang menjadi catatan kami dari Baznas bahwa kedepan panitia perlu di berikan pemahaman yang lebih bahwa kenyataannya dana ini bukan milik kita tapi milik saudara-saudara kita sangat membutuhkan yang sangat penting di sentuh dengan dana ini," bebernya.        

 

Kegiatan yang berlangsung di kantor Baznas jalan raya Tombolikat Kecamatan Tutuyan Boltim ini di pimpin oleh pengurus Ketua dan Wakil-wakil ketua Baznas turut di hadiri oleh Sangadi Tombolikat, Sangadi Tombolikat Selatan, Sangadi Buyat Selatan, dan semua calon Mustahiq.

 

Berikut struktur Pengurus Baznas Boltim:

Ketua Ki.Abdul Rahman Modeong, Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Drs. Abdul Rohim. 

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Widianarko Kartiman, S.Pd. 

Wakil Ketua III Bagian Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Arifin Tuino. 

Wakil Ketua IV Bagian Administrasi, SDM dan Umum Drs. Hi. Bahmid Kahab.

 

 

(feb)

Terpopuler

Lima Titik Jadi Target Aksi Bersih Sampah, Bakal D...
21 Feb 2019 14:44 - Redaksi

Kadis DKP Provinsi Sulut, Ronald Sorongan saat diwawancarai oleh awak media     MANADO Kabarpos [ ... ]

Kerugian 1 M, Kejari Talaud Bidik Pengadaan Lampu ...
06 Jul 2019 05:02 - Redaksi

 Kejari Talaud.   TALAUD kabarpost.com – Kejari Talaud kembali action. Proyek Pengadaan Lampu  [ ... ]

Dukung Pelestarian Alam, Pemprov Cabut 42 Izin Tam...
30 Aug 2018 15:31 - Redaksi

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih, Kota Bitung,  [ ... ]

Hadiri Kegiatan Tondano Raya Menanam Olly juga Tin...
16 Oct 2020 10:39 - Redaksi

Olly Dondokambey saat menghadiri kegiatan Tondano Raya Menanam di Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano [ ... ]

Other Articles
Kpu so ba pilih