peserta pelatihan tata kelola homestay foto bersama usai menerima materi dari Kepala Dinas Pariwisata Rizky Lamaluta. 

 

BOLTIM kabarpost - Meningkatkan kemajuan bidang pariwisata di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar pelatihan tata kelola Homestay tahun 2019. 

 

Kegiatan bertempat di Danau Mooat, Kecamatan Mooat, pada Kamis (5/09/19) di prakarsai oleh Dinas Pariwisata.

 

Kepala Dispar Boltim, M. Rizky Lamaluta, selaku pemateri mengatakan, tujuan dari pelatihan yang menghadirkan 2 pemateri provinsi, yakni Prof. Dr. Ir. Winda M. Mingkid M.App.Sc, dan Dr. Ir. Ping Astony Angmalisang M.Sc, itu bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar wisata.

 

"Dimana masyarakat sekitaran desa wisata berperan aktif jika ada pengunjung Domestik maupun Mancanegara. Ini adalah program Kementrian Desa (Kemendes) Dinas Pariwisata, sehingga itu kami rencanakan membangun Homestay agar setiap pengunjung yang datang bisa bertahan lebih lama disini (Boltim)," ajak Rizky.

 

Sebagai fasilitas penunjang. Lanjut dia, Homestay salah satu yang menjadi kebutuhan di Kabupaten Boltim yang kaya akan objek wisata.

 

"Dampaknya positif bagi kemajuan pariwisata dan masyarakat. Jika sudah tersedia tempat menginap bagi para wisatawan, tentunya masyarakat sekitar desa wisata juga yang merasakan imbas baiknya," terangnya. 

 

Jalan pintasnya adalah Homestay. Karena untuk membangun hotel, akan memakan waktu yang cukup lama, karena semua butuh tahapan.

 

"Kami berinisiatif kepada masyarakat dengan cara membangun Homestay, atau bisa juga masyarakat sendiri yang membangun, tergantung keadaan dilapangan. Karena ini sudah diprogramkan, kita hanya perlu waktu hingga 2 bulan dan sudah bisa langsung digunakan untuk menginap," jelasnya. 

 

Ia berharap, melalui pelatihan tersebut, masyarakat akan tertarik dengan program pemerintah, karena hitungannya ketika ada wisatawan yang menginap, bayarannya langsung ke masyarakat.

 

"Nantinya menjadi pendapatan masyarakat itu sendiri, dan secara otomatis, mereka (masyarakat) sudah menjadi pelaku wisata industry secara spontan," harap Lamaluta.

 

Senada Winda Mingkid mengatakan. Ia mendorong, rumah penduduk sekitar tempat wisata bisa dimanfaatkan menjadi Homestay.

 

"Karena diboltim belum disiapkan Homestay, maka dari itu, rumah warga sekitar bisa dijadikan tempat penginapan pengunjung," ujar Winda.

 

Dikatakannya pula, satu destinasi diharapkan bisa menjadi wisata primadona dan dikembangkan secara full.

 

"Nanti wisata sekitarnya itu yang menjadi daya tarik sebagai objek pendukung. Disini kita perlu menerapkan A3, yakni ; Atraksi, Amenitas dan Aksebilitas. Itu yang akan jadi supporting dan membantu prodak dari satu destinasi paripurna," tandasnya. 

 

Sekedae di ketahui, sebelum pelatihan tersebut, Dispar Boltim menggelar sosialisasi penataan Homestay dan Sapta Pesona.

 

(feb)

Terpopuler

Dikunci Dengan Misa Bersama,Kegiatan Kristus Raja ...
25 Nov 2019 02:00 - Redaksi

Peserta kegiatan lomba KSRA.   SANGIHE kabarpost.com Hari ini dalam kalender gereja katolik adala [ ... ]

Unsrat Siapkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi
13 Jul 2018 04:12 - Redaksi

Prof Dr Ir Ellen J Kumaat.    MANADO Kabarpost.com - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menyiap  [ ... ]

Diterima Sekda Lakat, BSG dan Taspen Serahkan Bant...
19 May 2020 10:53 - Redaksi

(Sekda Kota Manado, Micler Lakat saat menerima Bantuan APD dari Bank SulutGo dan Taspen) Manado Kab [ ... ]

Sekprov Pimpin Apel Korpri Di Lingkup Pemprov Sulu...
18 Mar 2019 13:56 - Redaksi

Sekprov Silangen saat memimpin langsung apel Korpri bulan Maret dihalaman kantor Gubernur, Senin(18/ [ ... ]

Other Articles