ilustrasi palu pengadilan.

 

MANADO Kabarpost.com - Ketua dan Sekretaris Panitia Pelaksana Rapat Anggota Puskud pada Kamis 29 Agustus 2019, di Hotel Lion & Plaza, yakni Marthen Lombogia dan Joppy Suak dilaporkan Pengurus Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Sulut melalui kuasa hukumnya, Michael R Jacobus SH MH ke Pengadilan Negeri Manado.

 

Menurut Jacobus, gugatan sudah didaftarkan pada 12 September 2019 dan terdaftar dengan Nomor: 386/Pdt.G/2019/PN. Mnd, dan saat ini menunggu proses persidangannya. Jacobus kepada wartawan mengatakan, ada dua pokok dalam gugatannya. Yang pertama adalah legalitas Panitia Pelaksana Rapat Anggota 29 Agustus 2019.

 

Ia menjelaskan bahwa Panitia yang entah siapa yang tunjuk untuk mengadakan rapat anggota Puskud? "Dalam materi gugatan kami mengatakan, kepengurusan Ventje Waleleng sebagai Ketua Puskud adalah sah berdasarkan Surat Keputusan Rapat Anggota Tahunan Pusat Koperasi Unit Desa Sulawesi Utara Tahun 2014 Nomor 08/KPTS/RAK/PS/XII/2014 tentang Pemilihan Pengurus PUSKUD SULUT periode tahun 2014 s/d 2019, tanggal; 31 Desember 2014. Dan pengurus tidak pernah menunjuk Panitia Pelaksana Rapat Anggota tersebut,” kata Jacobus. Pokok gugatan yang kedua, adalah pergantian pengurus melalui Rapat Anggota Luar Biasa (RALB). Harusnya RALB itu dilakukan kalau ada hal-hal yang urgent atau mendesak.

 

"Hal-hal yang mendesak, disebutkan dalam AD/ART, seperti adanya perluasan usaha, atau penetapan, penyelesaian masalah berkaitan dengan kasus hukum," ujarnya, sembari mengatakan, atau juga karena ada keadaan negara atau aturan yang berubah-ubah. Di AD/ART sudah dibatasi. Jadi tidak ada hal mendesak yang mengharuskan digelarnya RALB.

 

Jacobus juga menambahkan, untuk pergantian pengurus, harusnya melalui Rapat Anggota Khusus, dan itu hanya bisa dilakukan pada 31 Desember 2019 sehabis masa jabatan pengurus sekarang. Hal lainnya adalah dikatakan terjadinya dualisme, sebagaimana disebutkan dalam undangan Panitia Pelaksana tertanggal 20 Agustus 2019. Disebutkan rapat anggota dilaksanakan dalam rangka membenahi kelembagaan Pusat Koperasi Unit Desa Provinsi Sulut yang selama ini terjadi dualisme.

 

"Ini bertolak belakang dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh Drs Joppy Suak, yang menyatakan bahwa Puskud di bawah kepemimpinan Ventje Waleleng BA, dan secara tegas menolak adanya kepengurusan lain selain dari kepengurusan Ventje Waleleng. Surat pernyataan ini ditandatangani pada 17 Januari 2019 di atas kertas bermeterai,” ucapnya.

 

Dalam gugatan tersebut, Pemerintah Provinsi Sulut Cq Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Daerah, menjadi Turut Tergugat. “Waktu Rapat Anggota Tahunan (RAT) di kantor gubernur, dibuka Asisten I Edison Humiang, dan ditutup Kepala Badan Kesbangpol Meiki Onibala. Saat itu ada sambutan dari Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Fanny Legoh. Dan ditegaskan di situ bahwa yang boleh mengundang hanya kepengurusan Ventje Waleleng. Yang menjadi masalah, saat ada kelompok lain yang mengundang dari dinas juga hadir,” ujar Ketua Puskud Sulut Ventje Waleleng BA.

 

Dijelaskannya alasan perkara ini harus dibawa ke pengadilan. “Hal ini perlu kita bawa ke pengadilan. Kalau tidak ke pengadilan, jadi rusak organisasi ini,” imbuhnya.

 

Sebagaimana diketahui, dalam materi gugatan antara lain disebutkan, agar Majelis Hakim menyatakan Seluruh Hasil Keputusan Rapat Anggota Luar Biasa tertanggal 29 Agustus 2019 yang dilaksanakan oleh para Tergugat di Lion dan Plaza Hotel Manado termasuk di dalamnya pemberhentian, pemilihan dan pengangkatan Pengurus (yang diketuai Drs Ratu Dareda), dan pengawas PUSKUD Sulut, adalah tidak sah dan tidak memiliki kekuatan mengikat menurut hukum terhadap seluruh kelembagaan PUSKUD Sulut.

 

(Ain)

Terpopuler

Lepas Calon Mahasiswa ke Taiwan, Wagub: Pulang Har...
10 Nov 2018 07:11 - Redaksi

Wagub Sulut, Steven Kandouw saat foto bersama mahasiswa yang akan ke Taiwan.    MANADO Kabarpost [ ... ]

Gadis Cantik Ini Raih Cumlaude
09 May 2018 07:26 - Redaksi

Jesica Wowiling.    MANADO Kabarpost.com - Pelepasan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas S [ ... ]

Jelang Pra PON, Sekjen IPSI Minta Pengurus Sulut B...
20 Aug 2019 16:10 - Redaksi

Sekjen IPSI bersama Ketua IPSI Sulut.   MANADO Kabarpost.com - Usai terpilihnya Ketua Ikatan Penc [ ... ]

Wenny Lumentut Nahkodai Gerindra Sulut, Lombok: Ka...
12 Apr 2018 16:08 - Redaksi

Rolando Lombok saat foto bersama Ketua DPD Gerindra Sulut, Wenny Lumentut    MANADO Kabarpost.co [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat