Oskar Manoppo, Penjabat Sekda Boltim.

 

BOLTIM kabarpost - Penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Tahun 2019 pada bulan September ini baru mencapai 51,34 persen. Tepatnya, anggaran belanja sudah terserap sekira Rp 326 Milliar dari total Rp 634 Milliar APBD Boltim 2019.

 

Penyerapan tersebut dibagi menjadi belanja langsung dan belanja tidak langsung. Belanja langsung tingkat penyerapannya baru Rp 120 milliar. Belanja langsung sendiri isinya merupakan belanja barang dan jasa serta fisik atau infrastruktur.

 

Sementara penyerapan untuk belanja tidak langsung sudah mencapai Rp 205 milliar yang terdiri dari belanja pegawai, hibah, bantuan sosial, beasiswa dan lainnya.

 

Pj. Sekretaris Daerah Boltim Oskar Manoppo mengatakan, serapan APBD yang baru di angka 51 persen merupakan hal biasa dalam pemerintah daerah soal penyerapaan APBD.

 

"Hal ini biasa, semua pemda kalau belum capai sekian persen DAK dan belum diajukan maka belum akan turun pencairan, yang lain jugakan masih proses," ungkapnya.

 

Adapun laporan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kata dia yang tertinggi namun penyerapan masih rendahberada di Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

 

"Dinas PU baru 26 persen realisasi dari total Rp 95 miliar, baru Rp 25 miliar yang cair, Memang seperti itu, baru nanti di akhir tahun, akan terserap semua karena proyek besar, tetap akan melampaui target karena masih ada tiga bulan lagi,” jelasnya.

 

Selain Dinas PU, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga realisasi baru di angka 38 persen dari total Rp 40 miliar realisasi, Rp 12 miliar yang terserap. Sedangkan di Dinas Kesehatan penyerapannya juga masih dikisaran 31 persen.

 

"Dinas kesehatan total Rp 47 miliar baru Rp15 miliar terealisasi. Hanya di tiga instansi terbesar, yang lainnya masih standar," tutup Manoppo.

 

(feb)

Terpopuler

Jelang Natal, Mendag RI Sidak Kebutuhan Bapok di M...
12 Dec 2019 03:25 - Redaksi

Mendag RI saat memantau bahan pokok di salah satu pusat perbelanjaan.   MANADO Kabarpost.com - J [ ... ]

Dirasa Belum Memadai, Warga Tomohon Minta Pemerint...
03 May 2018 16:08 - Redaksi

Marthen Manopo saat menjalankan masa reses I tahun 2018 di Tomohon.    TOMOHON Kabarpost.com - R [ ... ]

Hebat! Perusahaan Perancis Investasikan Dana Awal ...
24 May 2019 12:46 - Redaksi

Pertemuan Sekdaprov Edwin Silangen dengan CEO Dune-network, Steve Hans dan Cyril Dune dan rombongan  [ ... ]

Kepsek SMP 4 Lolak Dihantam Pakai Meja Kaca Oleh O...
14 Feb 2018 01:42 - Redaksi

Nampak kondisi Kepsek Astri saat dirawat.   BOLMONG kabarpost.com - Kepala Sekolah (Kepsek) SMP N [ ... ]

Other Articles