Hariono Sugeha, Asisten I Pemda Boltim menjadi Pembina Upacara HUT SMPN I Daerah Kotabunan di rangkaikan dengan Perkemahan Pramuka.  

 

BOLTIM kabarpost - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-33, SMP Negeri I Daerah Kotabunan menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Pramuka yang dilangsungkan di Lapangan Mini Desa Kotabunan Selatan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

 

Pada HUT SMPN I yang ke-33 ini mengangkat Tema: "Menjadikan Peserta Didik Yang Berkarakter dan Berkualita" di prakarsai oleh Kepala Sekolah dan guru-guru bersama Siswa Siswi SMPN I Kotabunan.

 

Kegiatan Perkemahan Pramuka di rangkaikan dengan HUT Sekolah ini di buka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemda Boltim Hariono Sugeha,SH.MH.

 

Sugeha dalam pidatonya mengatakan. Kegiatan hari ini salah satu yang menjadi kewajiban dari Siswa Siswi di sekolah tersebut guna untuk meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang ke pramukaan.

 

Saya berdiri di sini ketika melihat adik-adiku saat ini teringat waktu saya mengikuti perkemahan waktu dulu sama seperti adik-adik saat ini. Kalian merupakan calon-calon pemimpin kedepan, saat ini kalian sedang menabur mutiara di Bolaang Mongondow Timur ini suatu ketika akan berkilau dan nanti akan membawa daerah Boltim kedepan yang jauh lebih baik seperti daerah-daerah tetangga kita," ucapnya saat menjadi pembina upacara pembukaan perkemahan pramuka. Jum'at, (27/09/2019).

 

Oleh karena itu Harap Sugeha, marilah kita wujud nyatakan apa yang menjadi tujuan dari Pramuka dapat di implentasikan di dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

"Melalui panji pramuka, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka ini menjadi penting di dalam diri sendiri ada beberapa poin di situ yang akan membentuk kemandirian adik-adikku, inplemntasikan hal ini di dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari Pramuka ini adik-adik mencari jati diri yang sebenarnya dan melatih diri sendiri menjadi calon-calon pemimpin kedepan. Sebeb menjadi pemimpin di butuhkan untuk mengahayati dan memahami apa yang sudah di sampaikan atau sudah di bacakan melalui Tri Satya dan Dasa Dharma," terang Sugeha..  

  

Sugeha mengingatkan, kegiatan perkemahan seperti ini hanya di laksanakan hanya secara seremonial atau hanya segedar memnggurkan kewajiban.

 

"Ini menjadi penting yang saya ingatkan kepada adik-adikku sekalian agar jangan pelaksanaan kema seperti ini hanya di laksanakan secara seremonial. Akan tetapi kita betul-betul kita hayati secara baik kita wujud nyatakan kedepan ketika adik-adik sudah selesai mengeyam pendidikan di SMPN I Daerah Kotabunan ini," ajak Sugeha.

 

Sembari menambahkan, melalui kegiatan pramuka ini atas nama jajaran Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan selamat HUT Ke-33 SMPN I Daerah Kotabunan mudah-mudahan lebih maju lagi dan lebih eksis serta bisa bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain.

 

Ditempat yang sama Kepala SMPN I Daerah Kotabunan Lutfi Bazmul menyampaikan, Pelaksanaan kegiatan Perkemahan Pramuka ini di sponsori oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terbentuk satu minggu sebelum kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. tujuannya untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru sebagai sarana prasarana sebagai ajang beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

 

"Perkemahan Jum'at, Sabtu dan Minggu serta di rangkaikan dengan HUT ke-33 SMPN I Daerah Kotabunan mengambil tema: menjadikan peserta didik yang berkarakter dan berkualitas,"jelasnya.

 

Lanjut Bazmul, berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 63 tahun 2014, pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus di laksanakan dari setiap satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

 

"Karena kegiatan kepramukaan akan menginternalisasikan nilai-nilai karakter yang terdiri dari lima. Yaitu, Religius atau beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Nasionalis, Kemandirian, Kegotong Royongan dan Integritas artinya perkataan dan berbuatan harus sama," bebernya.

 

Lanjutnya lagi, dalam kegiatan Pramuka yang di laksanakan oleh SMPN I Daerah Kotabunan ini adalah mengembangkan bakat dan kreativitas peserta didik.

 

"Tujuan dari kegiatan kepramukaan adalah untuk menjadikan peserta didik yang berkualitas baik dalam moral, mental, spritual dan intelektual serta emosional," pungkasnya.

 

Kegiatan ini dihadiri, Asisten I Pemda Boltim Hariono Sugeha, Wakapolsek Urban Kotabunan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Kotabunan, Sangadi Kotabunan Selatan, Kepala Sekolah dan Guru SMPN I Daerah Kotabunan, dan beberapa wali murid. 

 

(feb)

Terpopuler

Olly Minta Anggota Dekot Kader PDIP Langsung 'Acti...
14 Aug 2019 15:01 - Redaksi

OD-SK saat foto bersama para Kader PDIP      MANADO Kabarpost.com - Ketua DPD PDI Perjuangan S [ ... ]

Pangdam XIII/Merdeka Kunjungi Mapolda Gorontalo
30 Jun 2020 10:13 - Redaksi

Kunjungan Pangdam XIII / Merdeka yang dihadiri Gubernur Gorontalo.   GORONTALO kabarpost.com - Pe [ ... ]

Gubernur Olly Bersihkan Sampah di Muara Jengki
24 Feb 2019 08:48 - Redaksi

Gubernur Olly saat mengangkat sampah di muara jengki       MANADO Kabarpost.com - Hari Peduli [ ... ]

Satpoldankar Boltim Ajukan Proposal ke Kementrian
31 May 2018 04:13 - Redaksi

Ruslan Jarangkala.    BOLTIM kabarpost.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Bol [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat