Kepala Dinkes, Ivan Marthen Sumenda.

 

Manado Kabarpost.com - Memasuki pergantian Cuaca dari musim panas ke hujan, yang biasanya berlangsung sekitar akhir September ke bulan Oktober, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado, Dr Ivan Marthen Sumenda mengimbau, masyarakat mewaspadai Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

“Kita harus antisipasi saat ini sudah mulai memasuki musim awal penghujan dari kemarau yang panjang, perlu diwaspadai adanya peningkatan populasi nyamuk,” kata Sumenda kepada wartawan di kantor Dinkes Manado, Selasa (1/10/2019).

 

Lanjut Sumenda mengatakan, ketika musim hujan, tempat yang bisa menampung air seperti kaleng dan botol bekas dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi vektor atau serangga penular penyakit DBD.

 

“Populasi nyamuk meningkat apabila ada tempat-tempat pengembangbiakan, musim hujan akan memungkinkan untuk nyamuk tumbuh cepat menjadi banyak. Oleh karena itu diingatkan pentingnya perubahan perilaku masyarakat untuk ikut memberantas sarang nyamuk," ujar Sumenda.

 

Kadis Sumenda menjelaskan, strategi pencegahan dan pengendalian penyakit DBD antara lain dengan gerakan masyarakat untuk hidup sehat melalui 3M. 

 

"Dengan gerakan 3M yakni, menguras tempat-tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air bisa mencagah penyakit DBD berkembang," pungkasnya.

 

(Reza)

Terpopuler

2018, Sulut Siap Dongkrak Kunjungan Wisman
14 Dec 2017 14:28 - Redaksi

Manado,Kp - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw menghadiri Collaborative [ ... ]

9 ASN Boltim Minta Pindah Keluar Daerah
22 Oct 2019 12:53 - Redaksi

Happy Malonda, Kepala Sub Bidang Mutasi, Kepangkatan Fasilitas Profesi ASN BKPSDM Boltim.

BOLTIM Ka [ ... ]

Pemkab Boltim Gelar STQ Ke-1 Tingkat Kecamatan Kot...
31 Jan 2019 11:46 - Redaksi

pelaksanaan STQ di aula KUA Kotabunan.   BOLTIM kabarpost.com - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ad [ ... ]

Pemkot Gelar Seminar Keterbukaan Data dan Informas...
28 Oct 2019 15:38 - Redaksi

Wawali Mor saat meresmikan sekaligus melaunching PANADA Lini.

MANADO Kabarpost.com - Seminar Keterb [ ... ]

Other Articles