Acara pelepasan lulusan sarjana FH Unsrat

 

Manado,Kabarpost.com - Fakultas hukum (FH) gelar Pelepasan lulusan sarjana  FH Unsrat periode ke-II  Tahun Akademik 2019-2020, Rabu(13/11/2019).

Pelaksanaan tersebut dipimpin Dekan FH Unsrat Dr Flora Kalalo,SH MH.

 

Flora menuturkan pelepasan lulusan sarjana  FH Unsrat periode ke-II  Tahun Akademik 2019-2020, Sebanyak 60 orang.

 

"Kalian telah menyelesaikan pendidikan sarjana hukum, berarti telah mengikuti perkuliahan dan menguasai ilmu hukum. Khusus lulusan kali ini 60 orang di penghujung tahun 2019, banyak adik-adik lulusan kali ini menyelesaikan waktu cukup panjang dalam studi membuat akademik organisasi, kemampuan mental pasti sudah pengpuni. Oleh karena itu yang sudah di dapat bisa menjadi satu membanggakan sebagai alumni fakultas hukum,"ujarnya.

 

Lebih lanjut Mantan Warek Bidang Adminitrasi dan Keuangan Unsrat mengatakan selain kalian menguasai ilmu hukum, kalian dituntut sebagai generasi intelektual muda, berahklak mulia sehat dan cakap,kreatif, mandiri serta trampil penuh inovasi.

 

"Bahkan untuk kepentingan bangsa dan budaya,kearifan lokal sebagai visi dan misi dekan,"katanya.

 

Flora dalam sambutan yang dihadiri para lulusan, orang tua dan dosen tersebut mengharapan memiliki wawasan kebangsaan 

 

"Terus mempertahankan nilai-nilai luhur pancasila. Menolak berbagai bentuk faham radikalisme,"ujarnya sembari mengajak para lulusan untuk menjadi bangsa yang baik, bersatu padu dalam mempertahankan Bhineka Tunggal Ika,Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Radikalisme, Flora menegaskan karena ilmu pemahaman yang dangkal.

 

"Kurangnya wawasan yang luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih khusus kebhinekaan di Indonesia. Radikalisme tidak memiliki ahklak mulia, lebih mengedepankan nafsu dari pada ilmu. Sebagai sarjana hukum, saya yakin kalian bisa mengimplementasikan hukum secara murni dan sekuen,"tuturnya.

 

Selain itu, Flora menjelaskan ada faktor-faktor lain latar belakang radikalisme generasi muda.

 

"Antara lain merasa tertindas, merasa kalah dari persaingan, merasa kecil dalam ekonomi dan kalah bersaing. Saya berharap alumni tidak seperti ini," tegasnya.

 

Lanjut dikatakan, Alumi pastinya memilik masa juang yang tinggi, memiliki kemampuan. 

 

"Gelar yang disandang dan diraih bisa diaplikasikan di masyarakat dan berguna bagi bangsa dan negara. Hindari akal yang buruk, bahwa semua ilmu dan pengetahuan bagi bangsa dan negara serta keluarga,"imbunya.

 

Flora menambahkan di era saat ini penuh tantangan. "Jangan berkecil hati, semakin kecilnya prospek lapangan kerja tapi bukan menjadi kendala sebagai sarjan hukum. Sarjana hukum ada dimana-mana dan di terimah dimana saja asal bisa menerapkan ilmu dengan baik, moral yang baik. Mari kita kembangkan karakterer individu. Tuhan memberi berkat,kembangkan itu untuk terus berkolaborasi dan memakai teknolagi yang ada,"terangnya sembari mengutip pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam peringatan sumpah pemuda beliu mengatakan kita hidup di dunia yang bising, banyak bisikan, banyak godaan dan banyak pendapat. Didalam kegaduhan ini, sering suara hati kita terabaikan, nurani kita sering kita abaikan. Padahal didalam nurani itu banyak bicara dan menegur pribadi untuk terus berbuat baik. Saya yakin Indonesi sadar dihatinya masing-masing, kemana dia melangkah, namun karena kebisingan tersebut kita ragu diri sendiri, kita takut, kuatir itu adalah awal dari kesuksesan asal kita berani melangkah tidak pernah kalah.

 

(tian)

Terpopuler

Di MCA Pekan Lalu, PRJ Laine-Pintareng Mulai Diker...
14 Sep 2020 08:42 - Redaksi

Gubernur dan Wagub Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandow.   SANGIHE kabarpost.com - Selasa (0 [ ... ]

Kaban Penghubung Daerah, Gelar Konsolidasi Staf Ka...
26 Mar 2018 16:05 - Redaksi

Suasana rapat konsolidasi staf kantor Pemprov Sulut di Jakarta. (Foto:ist)   JAKARTA Kabarpost.co [ ... ]

Wagub Hadiri Kegiatan BBGRM di Langowan
06 Jun 2018 13:58 - Redaksi

Suasana kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat yang digelar di Lapangan Schwars Langowan.   [ ... ]

Joune Ganda Dukung Ajang Traill Adventure HUT Desa...
16 Feb 2020 04:25 - Redaksi

Ajang Trail di Desa Treman, Minahasa Utara. (Foto.ist)     MINUT Kabarpost.com  - Dalam rangka [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat