(Walikota Manado, Vicky Lumentut)

Manado Kabarpost.com - Warga Manado dan masyarakat luas tidak perlu takut dan kwatir akan tertular, virus Covid-19 akan ikut mati saat jenazah sudah dikebumikan. Hal ini dikatakan, Walikota, DR Ir  Vicky Lumentut, SH MSi DEA, juga dalam kapasitas sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado, Selasa (21/4/2020).

Hal tersebut, demi merespon sejumlah penolakan warga terkait pemakaman jenazah korban Covid-19 di beberapa daerah maupun di Manado.

“Orang positif Covid-19,  Setelah dimakamkan virus tersebut akan ikut mati. Jadi tidak ada istilah menyebar, itu tidak ada,” kata Walikota GSVL.

Menurut Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado, pemakaman yang dilakukan secara baik akan serta merta membunuh jaringan Covid-19 yang ada di tubuh jenazah.

Namun demikian, Walikota GSVL juga menyebutkan dalam protokoler perlakuan terhadap pasien meninggal akibat Covid-19 atau yang meninggal terindikasi namun belum dinyatakan positif para petugas harus menggunakan APD lengkap.

“Mulai pemandian jenazah, pemakamannya petugas harus menggunakan APD lengkap, tidak acara di keluarga, tapi langsung ke makam, seperti itu SOP-nya,” ujar Walikota GSVL seraya menegaskan bahwa Pemkot Manado telah menyiapkan petugas  pemakaman jenasah yang dilatih khusus sesuai SOP Covid-19, termasuk Pemkot penyiapkan lahan pekuburan khusus covid-19.

 

(Reza)

Terpopuler

OD dan JG Kompak Dukung Program Gerakan Menabung b...
03 Sep 2019 14:48 - Redaksi

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Joune Ganda saat diwawancarai wartawan     MINUT Kabarpost [ ... ]

Mner Olly Mengajar Ribuan Siswa dan Raih Rekor Mur...
02 May 2018 13:09 - Redaksi

Gubernur Sulut raih rekor muri.    MANADO Kabarpost.com - Kali pertama seorang Gubernur  mengaj [ ... ]

Dinas PU Vs Paret Timur Berakhir Dengan Skor Kacam...
17 Feb 2018 02:28 - Redaksi

Nampak pemain Paret timur  Sadam Sarundayang, mengambil tendangan bebas.   KOTABUNAN kabarpost.c [ ... ]

Dedi di Ringkus Akibat Melakukan Penganiayaan Terh...
25 Mar 2020 10:57 - Redaksi

Pelaku saat diamankan di Mapolresta Manado.   MANADO Kabarpost.com - Seorang lelaki berinisial GM [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah