Pekerjaan jalan yang dilakukan masyarakat secara gotong royong.

 

MINSEL Kabarpot.com - Jalan kebun yang merupakan sarana vital untuk menunjang pertanian dan penghasilan masyarakat dianggap penting dijaga dan ditingkatkan. Namun kondisi jalan yang tidak layak untuk di lalui walaupun hanya dengan sepeda motor, pasti akan menghambat akses pertanian dan mobilisasi hasil kebun.

 

Seperti yang terjadi dengan Jalan di Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur yaitu Jalan Kebun Tu'is -Rombia yang akhirnya dikerjakan dengan Swadaya Masyarakat.

 

Menurut beberapa masyarakat Desa Lopana antaranya Ronny Tulenan, sejak tahun 2012 ada perintisan dan perkerasan jalan kebun oleh PNPM waktu itu.Tapi karena sudah lama jalan tersebut rusak parah dikarenakan tidak adanya pekerjaan lanjutan untuk jalan tersebut. Sementara jalan kebun Tu'is -Rombia adalah salah satu jalan Vital yg setiap hari di lalui oleh para petani dan masyarakat.

 

"Batu-batu besar dan tajam yang tadinya dibuat sebagai landasan jalan , sekarang sudah kelihatan batunya karena timbul membuat tak bisa dilalui kendaraan, ini juga dikarnakan tanah yang diatasnya perlahan-lahan terkikis dengan air hujan ", ujar Ronny 

 

Melihat kondisi jalan kebun ini maka masyarakat berinisiatif untuk memperbaiki jalan tersebut dengan cara swadaya, spontan dilakukan masyarakat. Dengan mengumpulkan uang, semen batu kerikil dan pasir untuk pembuatan jalan,khusus jalan yg bisa di lalui oleh sepeda motor dengan lebar 1 meter dan panjang 260 meter.

 

Setelah terkumpul maka diadakan kerja bakti oleh masyarakat dengan kerja swadaya masyarakat ini di ketahui oleh pemdes Lopana dan pemdes lopana ikut serta dalam pelaksanaan kerja bakti swadaya masyarakat tersebut di bawah pimpinan Ronny Tulenan sebagai ketua kelompok swadaya masyarakat.

 

Meski bertahap swadaya masyarakat ini sudah bisa mengerjakan dengan panjang kurang lebih 100 meter, jadi masih ada sisa 160 meter lagi,,nanti di sambung pekerjaannya di hari berikut dan nanti akan di tentukan oleh ketua kelompok swadaya.

 

Salut buat masyarakat desa Lopana,yang prihatin dengan kondisi jalan perkebunan,,dan masyarakat meminta jika bisa pemerintah kabupaten bisa memperhatikan jalan perkebunan tersebut.

 

" Kami masyarakat butuh jalan kebun yang layak, Karna kami anak petani, apa lagi di saat Pandemic Covid 19 ini,kami lebih sering menghabiskan waktu kami di kebun, Karna kami tidak bisa bebas "MANCARI" di luar kampung, makanya Torang berusaha mo beking tu jalang Kobong demi kenyamanan Torang mo pigi pulang kobong " ucap warga yang terlibat dalam pekerjaan ini.

 

Informasi yang diterima media ini Pekerjaan jalan setapak sebagai Akses jalan kebun Tu'is Rombia juga mengetahui Penjabat Hukumtua dan sebagian Perangkat desa yang turut membantu menyumbang untuk kegiatan Swadaya masyarakat.

 

( fanly )

Terpopuler

Lantik 5 Pasang Kepala Daerah, Gubernur Ajak Kerja...
25 Sep 2018 13:06 - Redaksi

Gubernur Olly saat melantik lima kepala daerah di Sulut.    MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sula [ ... ]

Silangen Sidak Kantor Gubernur Sulut
23 Aug 2019 16:07 - Redaksi

Sekdaprov Sulut Edwin Silangen saat melakukan Sidak     MANADO Kabarpost.com - Sekdaprov Sulawe [ ... ]

Meski Ditengah Pandemi Covid 19, Harga Kopra Sulut...
25 Mar 2021 07:39 - Redaksi

Gubernur Olly saat mengendarai truck sendiri ke PT Multi Nabati Sulawesi (MNS) di Kota Bitung untuk  [ ... ]

Hendak Pulang Rumah, Maulana Dianiaya Sejumlah Ora...
03 Dec 2019 11:24 - Redaksi

Mapolresta Manado.   MANADO Kabarpost.com - Seorang lelaki bernama Iskhaq Maulana (22) warga Desa [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah