Pjs Bupati Minsel, Mecky Onibala.

 

MINSEL Kabarpost.com - Bisa di katakan terbalik harapan Masyarakat Minahasa Selatan, yang tadinya mengira bahwa M2O akan bersikap tegas terhadap 11 ASN pelanggar netralitas Terkait Pilkada saat ini.

 

Pasalnya, Hingga saat ini belum ada Tindakkan atau sanksi berat terhadap 11 ASN tersebut. Padahal masalah ini sudah di proses oleh Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan, Netralitas Penjabat Bupati Minsel Mecky Onibala saat ini pun diuji dan seperti apa kelanjutanya.

 

Dorongan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) pelanggar netralitas di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diberi sanksi, menguat.  Dorongan itu datang dari berbagai elemen masyarakat. 

 

Pandangan John Senduk, tokoh masyarakat Minsel, Onibala harus bersikap tegas dalam menerapkan aturan. Dia tidak bisa pilih kasih dalam penegakan Undang Undang. ASN yang sudah terbukti langgar aturan harus diberi sanksi.

 

“Masakan ASN sudah jelas-jelas melanggar netralitas oleh Bawaslu tidak diberi sanksi? Ini kan aneh” kata Senduk, Sabtu (10/10/2020).

 

Sikap diam Onibala, kata dia, bakal menyuburkan ASN tidak netral di Minsel. Terbukti, dalam beberapa pertemuan dengan Onibala, sejumlah ASN melenggang mengenakan masker kuning khas warna Partai Golkar.

 

“Lihat saja nanti. Jika sebelas ASN yang sudah dinyatakan tidak netral oleh Bawaslu tidak diberi sanksi, maka akan muncul lagi ASN lain yang menjadi tim sukses,” imbuhnya.

 

Sejumlah tokoh pejuang pemekaran Minsel, juga sudah melaporkan 11 pejabat ini kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni. Mereka meminta Pemprov Sulut mendesak Penjabat Bupati Minsel untuk memberikan sanksi tegas kepada 11 ASN pelanggar netralitas.

 

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Minsel menetapkan 11 nama pejabat Minsel melanggar netralitas. Keputusan itu dikeluarkan setelah Bawaslu menerima laporan dan melakukan pemeriksaan terhadap para pejabat itu.

 

Adapun hal yang senada di utarakan oleh Ketua PSI michael Fanny Pangkey.

 

"Menurut saya, Pjs harus bertindak adil dan benar, Tidak boleh pilih kasih ke siapapun juga, Harus Tegas Jika Ada yang Menyalahi Aturan, Jika Tidak ya tidak perlu di Tindak lanjuti,  Saya Harap Pak Meki Pasti Bijaksana Dalam Hal hal ini." Pungkas MFP.

 

“Berkas sebelas ASN yang melanggar netralitas sudah kami kirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara,” kata Franny Sengkey, Komisioner Bawaslu Minsel.

 

(Fanly)

Terpopuler

Pangdam XIII/Merdeka Tutup Dikmata Gelombang Ke 2
19 Apr 2020 13:32 - Redaksi

Pelantikan  parajurit siswa Dikmata.   MANADO Kabarpost.com - Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen [ ... ]

Serap Aspirasi di Tahuna, Masyarakat Minta Pemerin...
05 Dec 2018 15:37 - Redaksi

Anggota DPRD Sulut Meiva Lintang saat menyerap aspirasi Politeknik Nusa Utara.    TAHUNA Kaabrpo [ ... ]

Gubernur Olly Tetapkan Status Siaga Darurat Penang...
23 Mar 2020 13:26 - Redaksi

Ilustrasi Corona Virus     MANADO Kabarpost.com - Siaga darurat Covid 19 diperpanjang Gubernur  [ ... ]

Walikota GSVL Hadiri Malam Pisah Sambut Dandim 130...
09 Nov 2017 17:59 - Redaksi

Manado, Kp - Kamis (9/11/2017) Walikota Manado, Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama isteri Pr [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung