Manado, Kp - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menggelar Sidang Pleno Senat, bertempat di Aula Mapalus, Kampus Unsrat, Rabu (6/12/2017). Sidang Pleno Senat juga dihadiri oleh Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Kumaat. 

Rektor memberikan apresiasi bagi anggota Senat. Menurutnya, Senat Perguruan Tinggi (PT) merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi pada perguruan tinggi. Senat Perguruan Tinggi mempunyai tugas pokok.

Selain itu, Senat merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan perguruan tinggi. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika. Merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan pendidikan tinggi. Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja perguruan tinggi yang diajukan oleh pimpinan perguruan tinggi.

"Senat, menilai pertanggungjawaban pimpinan dan perguruan tinggi, dan pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan. Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan pada perguruan tinggi yang bersangkutan,"ujarnya.

"Juga memberikan pertimbangan kepada penyelenggara perguruan tinggi berkenaan dengan calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Rektor/Ketua /Direktur perguruan tinggi dan dosen yang dicalonkan memangku jabatan akademik di atas lektor.

Menegakan norma-norma yang berlaku bagi sivitas akademika, dan Mengukuhkan pemberian gelar Doktor Kehormatan pada universitas/institut yang memenuhi persyaratan,"katanya lagi.

Rektor juga menyampaikan, sistem penjaminan mutu pendidikan terus ditingkatkan, minimal berstandar nasional, sambi