Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr L Grace Punuh,MKes saat  membuka kegiatan OSN. 

 

MANADO Kabarpost.com - Ajang bergensi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi di ikuti 540 peserta.Ajang bergengsi yang dilaksanakan setiap tahun ini menjaring para siswa berkualitas untuk maju di tingkat nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr L Grace Punuh,MKes saat membuka OSN tingkat provinsi di SMAN 1 Manado, Selasa (18/04/2018)

"Setiap tahun menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk siswa SMA yang melombakan sembilan bidang keilmuan yakni bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.Ajang ini memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya,"ujarnya.

Sementara itu, peserta dari 540 siswa siswi perwakilan dari kabupaten/kota saat usai mengikuti lomba perwakilan dari Kabupaten Minahasa, Syalomitha Antoko mengatakan bangga mengikuti tingkat provinsi.

"Kali pertama mengikuti lomba olimpiade sains tingkat provinsi dalam bidang biologi, ini merupakan pengalaman pertama mengikuti lomba tingkat provinsi karena mendapat peringkat pada saat seleksi di tingkat kabupaten,"ujarnya. 

Menurut siswi tercatat SMAN 3 Tondano, kelas 11 jurusan IPA, ada banyak kesulitan yang saya hadapi pada saat mengikuti lomba di tingkat provinsi ini.

"Karena soal yang diberikan cukup sulit dengan jumlah soal 50 nomor yang berisi 4 pernyataan. Tapi bersyukur karena sudah mendapat pengalaman yang berharga lewat seleksi olimpiade tingkat provinsi ini," terangnya. 

Sedangkan Heskia Posumah yang mengikuti lomba bidang Matematika mengungkapkan,  ini adalah pengalaman yang sangat berkesan dan luar biasa.

"Saya diberikan lagi kesempatan untuk mengasa kemampuan di bidang hitung-menghitung.

Materi dan soal yang dihadapi saya rasa tidak ada kendala karena materi yang saya pelajari hampir semuanya keluar dalam bentuk soal kali ini.

Tetapi yang menjadi kendala bagi saya sendiri adalah waktu untuk mempersiapkan diri karena di satu sisi saya harus menjalankan tugas serta tanggung jawab di sekolah sebagai ketua OSIS dan keterlambatan pengumuman hasil yang saya terima di daerah sayapun sehingga persiapan,"katanya.

"Saya rasa belum cukup. Tetapi semuanya terbayarkan dengan adanya jaringan dengan teman-teman yang baru," tambah siswa SMAN 1 Amurang kelas XI.

Senada Abygaile Runagit, utusan kabupaten Minahasa dalam mata pelajaran astronomi.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena kasihnya, saya dapat mengikuti osn mulai dari tingkat kabupaten sampai Provinsi.

Pengalaman ini menjadi pengalaman baru bagi saya. tahun lalu saya sempat mengikuti OSN mata pelajaran Geografi,dan pada saat itu mungkin Tuhan belum berkenan,"kata siswi SMAN 3 Tondano.

"Dan pada kesempatan kedua saya mengikutii OSN mata pelajaran Astronomi dan puji Tuhan bisa lolos sampai tingkat Provinsi, karena itu saya sangat bersyukur kepada Tuhan, kepada semua orang yang telah mendukung," tandasnya. 

(tian)

Terpopuler

SMP Katolik Rafael Manado Gondol 2 Penghargaan di ...
03 Nov 2017 03:51 - Redaksi

Manado,Kp - Festival Mapalus Bali ke-2, utusan SMP Katolik St berhasil gondol dua penghargaan.

Suhendro Boroma Apresiasi Kinerja Bupati Sehan Lan...
29 Jan 2019 13:08 - Redaksi

Apresiasi kepada sehan landjar di tandai pemberian awards   BOLTIM kabarpost.com - Siapa yang tid [ ... ]

Komnas HAM: Pelaku Kejahatan Seksual Anak Capai 84...
05 Oct 2018 02:46 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Tindak kejahatan, kekerasan, perkosaan, pelecehan seksual, perdagangan an [ ... ]

Gubernur Olly Hadiri Penamatan SMAN 1 Manado
14 May 2019 19:52 - Redaksi

Gubernur Sulut Olly Dondokambey.   MANADO Kabarpost.com - Penamatan siswa-siswi SMAN 1 Manado kel [ ... ]

Other Articles