Siswa yang sementara ikut ujian. 

 

MANADO Kabarpost.com - Berbagai keluhan siswa-siswi saat mengikuti ujian menjadi perhatian sejumlah guru, pasalnya materi soal yang di ujikan terlebih khusus mata pelajaran matematika.

Menanggapi adanya hal ini menurut pemerhati pendidikan Sulut Drs Jovial Star Wowor,MSi mengatakan tingkat kesulitan ada hasil impirik.

"Biasanya di bank soal balitbang ada uji impirik. Jika lolos masuk dalam ujian nasional. Namun banyak yang komplain soal matematika. Dan Pak Menteri sudah minta maaf,"katanya, Selasa (18/04/2018).

Menurut Mantan Kadis Pendidikan Sulut berpendapat, seharusnya pengkajian tingkat kesulitan soal dilihat daya pembedanya.

"Pengalaman saya sebagai penguji seperti itu harusnya ada uji impirik. Sehingga ada klarifikasi tentang tingkat sulitnya soal, daya pembeda soal bagi siswa pandai ataupun bodoh. Biasanya model soal ujian nasional model moderat. Dan ini dikatakan anak-anak sulit atau belum diajarkan, itu tidak memenuhi standar dan materi-materi yang diujikan harus pernah diajarkan. Jika belum diajarkan jangan karena tidak bisa diukur hasil belajar anak-anak,"terangnya.

Lebih lanjut dikatakan tes prestasi belajar itu sudah diajarkan guru-guru. Akan tetapi jika tidak diajarkan tentu tidak layak dan tak layak diujikan.

"Namun jika dalam kurikulum, namun tidak diajarkan oleh guru, kesalahan fatal oleh guru. Tapi tidak mungkin diajarkan. Karena soal-soal itu materi dari guru.  Katakan dari pakar-pakar akan tetapi harus ada hasil impiriknya,"imbuhnya.

Adanya keluhan siswa soal yang diujikan, Wowor menururkan butuh di evaluasi kembali tentang psikometriknya.

"Kelayakan kaidah-kaidah soal, tingkat terbacanya sulit atau soal itu tidak mengukur idikator-indikator sehingga dianggap rumit," tandasnya sembari mengapresiasi pemerintah menerapkan ujian nasional berbasis komputer. 

(tian)

Terpopuler

KEIN 'Warning' Satgas Pangan Segera Lakukan Sidak
06 Dec 2018 15:38 - Redaksi

Dr Benny Pasaribu   MANADO Kabarpost.com - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN)  bersama  [ ... ]

Demi Utuh dan Bersatunya Pemuda Sulut, Jacko Berbe...
19 Nov 2019 15:15 - Redaksi

Jackson Kumaat saat memimpin Rapat Pleno KNPI Sulut     MANADO Kabarpost.com - Ketua Komite Nas [ ... ]

Didampingi Sekda, Wabup Pimpin Entry Meeting BPK
01 Apr 2019 14:16 - Redaksi

 Wabup Rusdi di dampingi Sekda Muhammad Assagaf bersama ASN Boltim.   BOLTIM kabarpost.com - Seb [ ... ]

Wagub Kandouw : Dana Desa Dorong Pertumbuhan Ekono...
25 Feb 2020 15:54 - Redaksi

Foto bersama usai kegiatan. (Foto.ist)   MANADO Kabarpost.com - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Ste [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat