Foto bersama Ketua Prof Dr Aidul Fitriciada Azahri,SH Hum dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Prof Dr dr Jimmy Posangi, Kapolda Sulut, Pangdam Merdeka,  Dekan HaKUM Flora Kalalo dan lain-lain. 

 

MANADO Kabarpost.com - Seminar Nasional bertajuk "Tantangan dan Harapan Komisi Yudisial Republik Indonesia (RI)", Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) miliki Klinik Etik dan Hukum.

Seminar sehari yang di hadiri Ketua Prof Dr Aidul Fitriciada Azahri,SH Hum dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Prof Dr dr Jimmy Posangi, Kapolda Sulut, Pangdam Merdeka dan Dosen maupun mahasiswa.

Dekan FH Unsrat Dr Flora Kalalo, SH MH mengatakan, seminar nasional FH Unsrat bekerjasama dengan Komisi Yudisial, Sekaligus membuka klinik etik dan hukum.

"Jalinan kerjasama fakultas hukum dan komisi yudisial Republik Indonesia telah terjalin sejak 2016," ujarnya, Senin (23/04/2018) di FH Unsrat.

Dengan jalinan ini, Kalalo menuturkan kampus merah ini menjadi tuan rumah pelaksanaan seminar nasional.

"Fakultas Hukum Unsrat terpilih dari 6 fakultas hukum di Indonesia sebagai penyelenggara klinik etik dan hukum oleh komisi yudisial ri angkatan ke-IV," terangnya. 

Dikatakan Mantan Warek 2 Unsrat, berdasarkan undang-undang, komisi yudisial merupakan lembaga negara. 

"Berwenang untuk mengusulkan pengangkatan Hakim Agung (HA) dan hakim ac hoc di Makamah Agung (MA)  kepada DPRD untuk mendapatkan persetujuan. Menjaga dan menegakan kehormatan, keleluhuran martabat serta prilaku hakim. Menetapkan kode etik dan/atau pedoman perilaku hakim bersama dengam MA dan menjaga dan menegakan pelaksanaan kode etik dan/atau pedoman perilaku hakim,"katanya.

Saat membawa sambutan membuka seminar sembari mengatakan, tantangan yang dihadapi komisi yudisial memenuhi harapan masyarakat untuk menghasilkan hakim agung dan hakim ad hoc yang berintegritas yang di dukung hadirnya Undang-undang Nomor 18 Tahun  2011 tentang perubahan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial, Ini memperkuat  dalam mewujudkan kekuasaan hakim yang bersih dan agung menjaga kehormatan dan menegakan keleluhuran martabat dan prilaku hakim.

Dalam pelaksanaan tersebut Ketua Komisi Yudisial membuka klinik etik dan hukum.

Sementara Ketua Penyelenggara  Dr Cornelius Tangkere,SH MH mengatakan, mengapresiasi gebrakan Dekan baru sehingga terlaksana seminar nasional berjalan.

"FH Unsrat semakin berkualitas, terlebih antusias mahasiswa dengan adanya klinik etik dan hukum yang membawa wawasan bagi mahasiswa,"tandasnya.

 

(tian)

Terpopuler

Kembalikan Kejayaan Sulut terkait Produk Unggulan,...
31 Jan 2019 15:21 - Redaksi

Rapat kerja yang digelar oleh Disbun Sulut   MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi  [ ... ]

Pjs Gubernur Fatoni Teken Deklarasi Gerakan Nasion...
07 Oct 2020 07:58 - Redaksi

Pjs Gubernur Sulut saat menandatangani Deklarasi Gerakan Nasional Netralitas Pegawai ASN pada Pemili [ ... ]

SMAN 7 Manado Peduli Bencana Palu-Donggala
02 Oct 2018 06:28 - Redaksi

SMAN 7 Manado salurkan Bantuan   bencana Palu-Donggala.    MANADO Kabarpost.com - Kepedulian s [ ... ]

Dikawal Sangian, Kontingen Sulut Siap Pentaskan Ta...
15 Aug 2018 07:43 - Redaksi

Kadis Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Fery Sangian saat foto bersama dengan para penari Ente.   [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat