MANADO Kabarpost.com - Pengumuman hasil nilai Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTS Sederajat di dominasi sekolah swasta.Sesuai data, Kategori nilai ujian bidang studi bahasa indonesia C, Bahasa Inggris D, Matematika D dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) D.

Sementara hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masuk rangking 10 besar didominasi sekolah swasta. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr L Grace Punuh MKes mengatakan, pendidikan di sulut mulai berbenah.

Dari hasil ini menjadi evaluasi untuk pendidikan sekolah negeri.

"Saat ini melakukan pembena. Hasil UNBK bukan segala-galanya, namun kejujuran dan intregritas ini jadi penulain,"ujarnya. 

Menanggapi nilai ujian SMP didominasi sekolah swasta rangking, Drs Star Wowor,MSi menuturkan hemat saya dengan hasil ujian akhir dikaitkan ranking keberhasilan, seyogianya jangan mendikotomikan antara Negeri dan swasta. 

'Hasil ujian ini adalah ukuran tes prestasi belajar (achievement test). Nilai kuantitatif yang tertuang dalam ranking itu ukuran keberhasilan hasil belajar siswa,"katanya.

Dengan demikian, Mantan Kadis Diknas Sulut menjelaskan hasil ranking itu merupakan hasil belajar setiap siswa. 

"Tentu hal ini  tidak lepas dari raw input siswa itu sendiri. Memang tak bisa dipungkiri pasti ada kontribusi pihak sekolah atas treatment-nya dalam proses pembelajaran,"katanya.

 Yang pasti dipengaruhi oleh kualitas komponen guru, fasilitas sekolah, strategi pembelajaran guru, motivasi siswa, kondisi  pelaksanaan tes, dan faktor-faktor lainnya.

Ditegaskan, Pada hakekatnya ranking siswa dari hasil ujian bukan semata-mata representatif hasil keberhasilan Sekolah.

 "Itu kemampuan representasi dari keunggulan individual.  Yang lebih kuat untuk dijadikan indikator sebagai dampak kinerja sekolah adalah dapat dilihat dari rerata ranking sekolah, dan rerata hasil setiap mata uji dapat digunakan acuan indikator kinerja setiap guru yang mengajarkan mata ini,"terangnya.

Melihat distribusi hasil ujian di Sulawesi Utara tampaknya secara sepintas dalam kurva normal. 

"Artinya tergambar bahwa hasil tes membenarkan bahwa hanya sebagian prestasi siswa yang tergolong achievementnya di atas normal dan juga hanya sebagian prestasi siswa yang tergolong achievementnya dibawah normal.

 Untuk melihat keakurasian hasil BBC Ted yang tergambar secara profesional kita, lebih jauh' melihat berapa tingkat data pembeda (item discrimination) dan tingkat kesukaran soal (item dificulty) dari tes yang digunakan sebagai ukuran atas hasil belajar,"urainya.

 Lebih lanjut dikatakan Tes ini lebih tepat mengukur hasil belajar atau juga dikenal prestasi belajar dan bukan tes potensial siswa. 

"Memang kalau dilihat hasil ranking siswa, tampak didominasi oleh sekolah swasta yang selama ini difavoritkan masyarakat lokal.

Hal inipun perlu kehati-hatian dalam mengekspresikan hasil capaian, yg menyimpulkan bahwa sekolah swasta adalah lebih unggul dengan sekolah negeri.

Sepintas sangat tampak anak-anak di sekolah swasta tertentu mendominasi peringkat atas dalam hasil ujian akhir,"katanya.

Jika kita lebih meluas mengevaluasi berapa kah sekolah swasta lainnya yang jauh dari prestasi belajar yang diharapkan.

"Bagaimana bisa dengan sekolah negeri yang hampir tidak tampil dari ranking prestasi siswa ?. 

Hal ini tentu wajar Untuk segera melakukan evaluasi secara komprehensif. Sebab mengelola proses pendidikan sangat kompleks dan sangat dipengaruhi multi faktor, apakah kinerja guru, motivasi guru, apakah motivasi dan strategi pembelajaran guru, dan bagaimana cara belajar siswa, serta lebih meluas lagi, bagaimana  peran ortu, serta lebih dari itu bagaimana kehidupan lingkungan anak, baik secara fisik/fasilitas maupun secara non fisik sosial psikologis lingkungannya, banyak lagi faktor lainnya,"tukanya.

Menurutnya, Secara positif maknanya hasil ranking prestasi siswa biarlah memicu semua pihak untuk turut serta menjadi kontributor dlm peningkatan prestasi belajar siswa, yang adalah anak-anak harapan penerus cita-cita bangsa yang berkualitas, kompetitif, bermoral dan produktif bagi dirinya, keluarga dan bangsa,tandasnya.

 

(tian)

 

Terpopuler

Dikbud Boltim Gelar Gebyar PAUD, Guna Meningkatkan...
08 Oct 2019 14:22 - Redaksi

Kepala Dikbud Yusri Damopolii menyampaikan sambutan pada kegiatan gebyar PAUD.
BOLTIM kabarpost -  [ ... ]

Rekomendasi BPK, Tiga Pos Harus di Pindahkan
18 Jun 2019 11:11 - Redaksi

 Pos Retribusi parkir.   BOLTIM kabarpost - Terlihat melanggar aturan karena berada di jalan Nas [ ... ]

Kemendikbud RI Monitoring Dua Sekolah di Sulut
28 Mar 2019 01:04 - Redaksi

Kemendikbud Monitoring UNBK di dua SMKN di Sulut.    MANADO Kabarpost.com - Pelaksanaan Ujian B [ ... ]

PPDB SMA/SMK se-Derajat Diperpanjang
29 Jun 2020 02:51 - Redaksi

PPDB SMA/SMK.   MANADO Kabarpost.com - Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/ SM [ ... ]

Other Articles
Kpu so ba pilih