Helmy Koagouw SPd. 

 

MANADO Kabarpost.com - Program Pertukaran Kepala Sekolah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) upaya peningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Kepala SDN 43 Manado, Helmy Koagouw SPd menuturkan program tersebut sekolahnya menjadi sekolah Mitra.

“Sekolah mitra kami bekerjasama dengan dua sekolah imbas dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yaitu dari SD Inpres Apengsembeka  dan SDN Hesang Tamako,”ujarnya.

Dikatakan Helmy, sebelumnya dua sekolah imbas telah datang berkunjung ke sekolahnya dan setelah itu sekolah mitra juga telah berkunjung ke sekolah imbas.

 “Selama tujuh hari, dua orang kepala sekolah imbas telah datang magang di tempat kepala sekolah mitra dan mereka sudah melakukannya,”terngnya.

Dikatakan bahwa selama berada di sekolahnya, sekolah imbas telah mempelajari tiga hal utama dari tugasnya sebagai kepala sekolah, yaitu manajerial, supervisi, dan kewirausahaan.

Kemudian setelah selesai magang, Helmy mengatakan sekolah imbas telah mengikuti lokakarya ke- 2 selama tiga hari dan balik ke sekolah masing-masing. 

Lanjut dijelaskan implementasinya sekolah mitra, mendampingi sekolah imbas selama tujuh hari di sekolah mereka dengan menerapkan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Seperti metode adopsi, adaptasi, dan pengembangan, selanjutnya pendampingan dilanjutkan secara daring.

 “Kami sekolah mitra diundang memaparkan hasil seleksi berdasarkan capaian dalam penerapan Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan Indeks Integritas Ujian Nasional atau IIUN di sekolahnya,”terangnya.

Menurut Halmy, program tersebut merupakan bagian implementasi dari nawacita nomor tiga dan lima yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan meningkatkan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan.

 “Berkunjung ke dua sekolah Imbas di Kabupaten Sangihe selama 5 hari kami sekolah mitra wajib membuat laporan dengan hasil- hasilnya disampaikan ke Kemendikbud RI,” ujarnya.

Helmy Mengatakan, banyak hal yang didapat dari hasil kunjungan ke sekolah imbas yaitu kekurangan yang ada disekolah tersebut khususnya masalah buku yang perlu diperhatikan pemerintah.

 

(tian)

Terpopuler

Hadiri Rakornas dan Jambore K2SI, Wagub Kandouw Aj...
17 Oct 2019 07:50 - Redaksi

Foto bersama usai kegiatan   MALANG Kabarpost.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Drs Steven O.E  [ ... ]

LSI: Pemilih dari Golkar dan Nasdem pun Akui Olly-...
31 Oct 2020 12:24 - Redaksi

Olly-Steven   MANADO Kabarpost.com - Dominasi Pasangan Calon (Paslon) Petahana, Olly Dondokambey- [ ... ]

Mewengkang Minta ASN Dites Urin
17 Oct 2017 15:23 - Redaksi

Manado,Kp-Narkoba masih saja merajalelah di berbagai kalangan di Indonesia. Untuk perangi narkoba da [ ... ]

Wow.. Rayakan Lebaran Ketupat, Desa Buyat Dipadati...
25 Jun 2018 03:15 - Redaksi

Lebaran ketupat.    KOTABUNAN kabarpost.com – Perayaan Lebaran Ketupat di Desa Buyat, Kecamata [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung