pameran kain daerah 2018.

 

MANADO Kabarpost.com. com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pameran kain batik di Multi Mark Mega Mas, Selasa (11/12/2018).

 

Berbagai corak kain daerah yakni kain Batik Manado, batik Bentenan ternyata menyimpan potensi besar dalam dunia modeling. 

 

Dalam pembukaan pameran,Memey dan Princess, dua bocah cilik pemenang ajang top model Indonesia, memukau ratusan pengunjung yang hadir lewat busana batik Manado dan batik Bentenan. 

Nuansa tradisional campur modern nampak dari busana yang dikenakan keduanya. 

 

Keduanya jadi perhatian para pengunjung, undangan mengabadikan moment tersebut, serta terdapat sepasang turis asing dari eropa. Keduanya terlihat kagum. 

 

Sesuai tujuannya, pameran tersebut menghadirkan pesona kekayaan kain daerah Sulut dari berbagai daerah. 

 

Setiap daerah menampilkan kain daerah zaman dahulu serta yang sudah dimodifikasi sesuai "zaman now".Tradisi kain di Sulut ternyata sudah tua. Sejak abad ke 14, Terbukti dengan kain Koffo yang berasal dari abad ke 14.

 

Kain itu menjadi salah satu magnet dalam pameran tersebut. Banyak pengunjung yang memegang, atau malah selfie berlatar kain tersebut. 

 

Kadis Kebudayaan Sulut Ferry Sangian,SSos MAP menuturkan, kain itu semula disimpan di museum belanda sebelum dibawa ke museum Sulut. 

 

"Kain ini dija