MANADO Kabarpost. com - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat)   menggelar Memorandum Understanding (MoU) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BP2T) Senin, (21/01/2019).

 

Kesepakatan bersama ini tentang pengkajian penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dan pengabdian pada masyarakat.

 

Bantuan yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Jerman ini diserahkan langsung oleh Dubes Jerman untuk Indonesia, Peter Schoof kepada Presiden Joko Widodo yang diwakili Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) RI,  M Nasir.

 

Dalam penyampaian Menristekdikti M Nasir menuturkan pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan hingga mencapai 23 persen tahun 2025. 

 

"Tahun ini porsi penggunaan energi terbarukan di Indonesia baru berkisar delapan persen hingga sembilan persen. Dari geotermal sendiri baru berkontribusi empat persen dari sembilan persen renewable energy. Jadi potensinya masih sangat tinggi," katanya. 

 

Untuk target, Menristek menjelaskan penggunaan energi terbarukan 23 persen pada 2025 salah satunya bisa dicapai melalui pengembangan energi panas bumi atau geotermal karena Indonesia memiliki potensi panas bumi yang bisa diolah menjadi listrik dengan kapasitas 28 ribu MW hingga 29 ribu MW.

 

Sementara Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J Kumaat, MSc DEA mengapresiasi gelaran ini. Kesepakatan bersama ini tentang pengkajian penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dan pengabdian pada masyarakat. 

 

(tian)

Terpopuler

Polda Sulut Sosialisasi Narkoba dan Medsos
25 Oct 2017 05:13 - Redaksi

Manado,Kp - Ratusan pelajar Kota Manado menghadiri sosialisasi Narkoba dan Media Sosial (Medsos), Ra [ ... ]

Distanak Sulut Sebar Benih Padi di 15 Kabupaten/Ko...
29 Aug 2018 13:14 - Redaksi

Novly Wowiling.    MANADO Kabarpost.com - Jika sebelumnya Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan [ ... ]

Deprov Sulut Optimis Propemperda Selesai Tepat Wak...
30 Jan 2018 03:29 - Redaksi

Suasana rapat Bapemperda Deprov Sulut Optimis Propemperda Selesai Tepat Waktu   MANADO Kabarpost [ ... ]

Olly Pastikan November Harga Kopra Naik
10 Sep 2018 13:19 - Redaksi

Forum Academics, Business, Government, Community And Media (ABGC+M).   MANADO Kabarpost.com - Gub [ ... ]

Other Articles