MANADO Kabarpost.com - Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2019 tingkat Kota Manado dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas, Semuel Daniel Vileo Dondokambey SE di SMA Negeri 1 Manado, Rabu (27/2/2019).

 

Dalam penyampaiannya kepada peserta yang mengikuti kompetisi ini bisa lahir karakter-karakter calon pemimpin masa depan.

 

“Harus tunjukkan kamampuan yang bisa menjadi seorang pemimpin yang menggunakan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah diera modern,"katanya.

 

Bersaing dalam menghadapi permasalahan di abad ke-21 yang semakin kompleks, para siswa harus tumbuh dengan karakter modern dengan penguasaan sains dan teknologi mutlak harus dikejar jangan sampai tertinggal.

 

“Kalian akan hidup di era yang berbeda, karena belajar dari perubahan-perubahan yang terjadi bisa melihat penguasaan sains dan teknologi sangat menentukan. Sains dan teknologi itu mutlak. Penguasaan sains bukan hanya ilmu sains terapan tapi juga ilmu murni,"terangnya.

 

Dikatakannya, para siswa harus mempunyai kebiasaan rasa ingin tahu dan kebiasaan untuk kerja keras, meningkatkan pemahaman atas sebuah masalah, kemudian biasakanlah bereksperimen dalam hal-hal positif.

 

“Melalui OSN para siswa harus mampu untuk berkompetisi secara jujur sebagai pembelajaran dikemudian hari dan pegang teguh integritas, kejujuran karena dalam sains itu dijunjung tinggi,"tandasnya. 

 

Jumlah peserta OSN Kota Manado kali ini 615 siswa dari 27 SMA negeri maupun swasta yang tersebar di 32 ruangan. Jenis lomba untuk siswa SMA meliputi bidang matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian dan geografi.

 

Sementara itu Sekretaris Panitia Marly Pandelaki menambahkan peserta sudah dipersiapkan sejak bulan Januari ketika surat dari kementrian pendidikan kebudayaan itu disampaikan ke dinas provinsi disiapkan lewat sekolah sekolah.

 

"Jadi sekolah mengatur persiapan persiapan untuk anak-anak yang akan ikut pada kegiatan seleksi olimpiade sains Kota Manado saat ini yang mengikuti olimpiade sains ini berjumlah 615 peserta berasal dari 30 sekolah jumlah peserta kali ini paling banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dan 70 pengawas. 

Untuk mengikuti seleksi ini cukup tinggi apalagi untuk olimpiade sains nasional tahun 2019 akan dilakukan di Sulawesi Utara sebagai bidang lomba yang di seleksi olimpiade sains Kota Manado sama di seluruh Indonesia," ujarnya. 

 

Kepala SMA Kosgoro Manado menuturkan, ada 9 bidang yaitu fisika kimia biologi matematika ekonomi geografi kebumian astronomi dan komputer.

 

Untuk hasil, "Diharapkan besok itu sudah ada hasilnya karena pemeriksaan akan dilakukan besok jenis pemeriksaan, kemudian akan ada rapat tim penilai dengan panitia untuk menentukan siswa-siswa yang akan dikirim di tingkat provinsi. untuk ruangan kali ini kita menggunakan 34 ruang dimana pengawasnya itu berasal dari guru guru mata pelajaran yang punya kualifikasi di bidangnya masing-masing sesuai dengan bidang lomba ditambah pengawas dinas pendidikan Provinsi yang berdomisili di mereka yang melakukan pengawasan dan mereka juga akan melakukan pemeriksaan besok,"tutupnya. 

 

(tian)

Terpopuler

Beri Dukungan Penuh, Warga Lamongan Curhat Ke SSK-...
03 Oct 2020 15:29 - Redaksi

Pertemuan di hotel calon Walikota dan Wakil Walikota Manado SSK - SS dengan komunitas Lamongan.    [ ... ]

Dongkrat Hasil Tani, Warga Motongkat Dapat Bantuan...
11 Apr 2019 13:57 - Redaksi

  Nampak petani jagung manfaatkan bantuan alsintan dari pertanian.   BOLTIM kabarpost.com - Gun [ ... ]

Berantas Penyakit Masyarakat, Polsek Urban Kotabun...
22 Apr 2018 07:57 - Redaksi

Polsek Urban Kotabunan saat mendapati yang berjualan Miras.    BOLTIM  kabarpost.com – Polsek [ ... ]

Percepat Penanganan Covid-19, Pemkot Manado Lakuka...
07 Sep 2020 17:09 - Redaksi

(Pengadaan mobil PCR oleh Pemkot Manado yang di hadiri langsung oleh Walikota Manado, Vicky Lumentut [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat