Politeknik Negeri Manado.

 

MANADO Kabarpost.com - Beberapa hari lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim melantik kurang lebih 29 pejabat dilingkungan kementriannya. Namun dari pelantikan tersebut, Nadiem membatalkan Direktur Politeknik Negeri Manado terpilih Olga Melo ST MT yang seharusnya juga dilantik sesuai jadwal.

 

Menurut Nadiem, Olga  E Melo  SST MT yang terpilih sebagai Direktur belum melengkapi berkas. Namun Nadiem tidak menjelaskan secara detail berkas apa yang belum lengkap.

 

Dan sementara ini Menteri menunjuk Plt Direktur Politeknik Negeri Manado, Dr Benny Bandanadjaya ST MT yang merupakan Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud.

 

Ketua Senat Politeknik Negeri Manado Oktavianus Lintong mengatakan, sesuai peraturan, Senat telah selesaikan tugas. Pemilihan sudah selesai, Direktur Terpilih sudah ada. Sekarang, juga sesuai peraturan, tanggung jawab ada di Menteri untuk melantik Direktur Terpilih.

 

" Saya tidak mendapatkan pemberitahuan tentang ini. Ketua Senat dapat surat dari Kementerian bahwa ada Plt Direktur. Soal berkas yang dibilang pak Menteri, hanya dua yang bisa menjelaskannya. Pak menteri dan yang bersangkutan," katanya melalui via Whats up.

 

Tambahnya, sebagai Ketua cuma berharap ini bisa diselesaikan secepatnya agar Polimdo secepatnya memiliki Direktur definitif.

 

" Kita semua sebenarnya musti bersiap dan fokus melaksanakan banyak agenda, program, dan kegiatan di semester gasal bahkan sepanjang tahun ini. Tantangan besar karena situasi sekarang. Mahasiswa Baru, Penjabaran Program 'kawin' DUDI, Akreditasi, Penyesuaian dengan New Normal, dan lain lain. Muda- mudahan  Direktur terpilih segera dilantik supaya secara definitif bisa jalankan semua agenda, program, dan kegiatan," ujarnya.

 

Sementara itu, info dari sumber resmi yang diterima Kabarpost.com bahwa, tidak dilantiknya Olga Melo SST MT sebagai Direktur Politeknik Negeri Manado terpilih karena disinyalir Status pendidikan S2 nya masih ada yang belum lengkap.

 

Selain itu juga kementerian telah mengendus bahwa di Politeknik Negeri Manado pada masa kepemimpinan Direktur lama Ever Slat banyak terjadi masalah. Bahkan saat ini masalah tersebut sudah sampai di meja Polresta Manado dan juga Kejati Sulut. 

 

Beberapa kali terdengar informasi bahwa, sudah ada beberapa orang dari kampus tersebut sudah diperiksa. Olga Melo SST MT yang saat itu menjadi Wakil Dirktur 2 sebagai penanggung jawab pengelolaan keuangan, tidak menutup kemungkinan juga akan dipanggil dalam pemeriksaan tersebut.

Karena dugaan beberapa kasus korupsi yang terjadi juga bisa melibatkan, PPK, pengelola keuangan dan Direktur sebagai pimpinan yang mengetahui jalannya proyek dan anggaran tersebut.

 

" Info ini yang kami dengar saat ini. Terlebih masalah yang timbul yang melibatkan pihak berwajib," kata sumber resmi yang namanya tidak mau di publish.

 

Sementara itu, aktifis 98 dan juga ketua Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak), Jim R Tindi menegaskan bahwa, jika kementerian mengendus adanya praktek dugaan korupsi yang melibatkan Direktur terpilih yang dulunya penanggung jawab pengelola keuangan maka, kementerian wajib membatalkan terpilihnya Direktur tersebut.

 

" Kami minta pihak Kepolisan dan Kejati Sulut segera melanjutkan pemeriksaan atas laporan dugaan korupsi tersebut. Sebab ini sudah mencoreng dunia pendidikan jika terbukti Direktur terpilih terus terlibat. Dan juga yang terpenting mantan Direktur juga segera diperiksa lagi, karena seluruh aktifitas proyek dan anggaran diketahui dirinya," jelas tindi.

 

" Saya juga meminta  Menteri Nadiem agar lebih selektif menjaring calon rektor atau Direktur. Sebab, selain harus bersih dari praktek korupsi, juga dilihat dari segi pendidikannya. Seharusnya Kementrian harus lebih mengedepankan Rekam Jejak Calon Direktur sebelum pemilihan. Sebab sejalan dengan Program Presiden Joko Widodo yang mengedepankan SDM unggul yang pada saat pemilihan PILDIR POLIMDO seakan terabaikan. Sehingga tidak memunculkan Polemik pada berbagai pemilihan pimpinan  pada semua Perguruan Tinggi di Indonesia," pungkasnya.

 

(Reza)

 

 

 

 

 

Terpopuler

Pemprov Sulut Dukung Proyek Palapa Ring
28 Mar 2018 13:08 - Redaksi

Kunker Komisi I DPR RI di Pemprov Sulut   MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Uta [ ... ]

Mantapkan Persiapan, Manajemen Sulut United Bertem...
18 Feb 2020 12:35 - Redaksi

Manajemen Sulut United saat bertemu Gubernur Olly     MANADO - Kabarpost.com - Pihak Manajemen  [ ... ]

Turut Berbelasungkawa, OD -SK juga Mengutuk Keras ...
13 May 2018 14:01 - Redaksi

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wagub Sulut, Steven Kandouw.    MANADO Kabarpost.com - Gube [ ... ]

Kapolsek Urban Kotabunan Terjunkan Personil Polisi...
30 Apr 2019 11:12 - Redaksi

  Kompol.Suparno, Kapolsek Urban Kotabunan.   BOLTIM kabarpost.com -  Polisi Sektor (Polsek) U [ ... ]

Other Articles
Bank sulut
Hut kota manado
Kurban BSG