TUTUYAN Kabarpost.com -Sepanjang Tahun 2017 tercatat di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim),  sebanyak 16 kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). 

Kasus yang laporannya masuk ke DP3A umumnya penelantaran, Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur. 

Kepala Dinas Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kabupaten Boltim, Norma Linggama, melalui Seksi  Perlindungan Anak dan Pelayanan Bagi Anak, Rahmi Olii S. Psi mengaku, prihatin dengan kondisi tersebut.

Kata dia, kasus terhadap perempuan dan anak yang ditangani DP3A saat ini berjumlah 16 kasus, sebagian besar diantaranya merupakan kekerasan seksual terhadap anak.

"Di 2017 ini, sudah ada 16 kasus secara umum. Penelantaran pada anak 1 kasus, kekerasan fisik 1 kasus, dan kekerasan seksual terhadap anak atau cabul ada 14 kasus. Yang sudah ditangani secara hukum ada 3 kasus, dan yang damai sebanyak 3 kasus," Beber Rahmi kepada sejumlah para pewarta Senin (18/12).

Dijelaskannya, kekerasan terhadap anak atau cabul, begitu tinggi lantaran banyak yang masih usia dibawah umur lalu pacaran dan berahir sampai persetubuan. 

"Kalau kasus cabul mengapa sampai 14 kasus,  karena banyak yang pacaran dibawah umur dan berakhir sampai persetubuan," jelas Rahmi. 

Lanjut dia, korban dari kasus tersebut, akan mendapat pendampingan dari P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak)  yang merupakan mitra kerja DP3A sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku. 

"Sekarang kami sudah ada sistem online secara nasional,  sehingga kami perlu data. jika  ada kasus seperti ini, (kekerasan trhadap perempuan dan anak-red) sebaiknya harus dilaporkan ke Dinas agar Pemerintah Daerah tahu. Dan kalau masyarakat memberikan laporan ke Dinas, otomatis kami akan dampingi sampai dipengadilan," cetus Rahmi. 

"Namanya kasus yang berhubungan dengan DP3A,  selesai sacara hukum atau tidak namun datanya sudah masuk, kita akan dampingi sampai kasusnya tuntas," tutup Rahmi. 

 

Penulis : matt rey

Terpopuler

Gubernur Olly Resmikan RS Dr JH Awaloei, RS Ini ju...
10 Jun 2020 10:13 - Redaksi

Gubernur Olly saat menggunting pita persemian RS Dr KH Awaloei   MANADO Kabarpost.com - Gubernur  [ ... ]

Menkumham RI Yasonna Laoly dan Gubernur Olly Hadir...
07 Sep 2018 12:37 - Redaksi

Perayaan HUT Fakultas Hukum Unsrat Manado ke 60.   MANADO Kabarpost.com - Menteri Hukum dan Hak A [ ... ]

Buka Lomba Kadarkum, Silangen Ajak Masyarakat Berg...
07 Aug 2019 09:39 - Redaksi

Sekprov Silangen saat membuka kegiatan Kadarkum     MANADO Kabarpost.com - Sekdaprov Sulawesi U [ ... ]

Pemda Boltim Gelar Musrenbang P-RPJMD 2016-2021
12 Jul 2018 13:32 - Redaksi

Musrembang Pemda Boltim.    BOLTIM kabarpost.com- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung