Kantor Kejati Sulut. 

 

MANADO Kabarpost.com - Kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara,  M Roskanaedi ternyata mendapat tantangan dari berbagai element masyarakat untuk memberantas para jaksa yang nakal. 

Salah satunya dari Gerakan Anti Korupsi (Gerak) Sulut. Menurut Direktur Eksekutif Gerak, Jim R Tindi, sudah ada laporan terkait Kejari Talaud dan anak buahnya yang dinilai telah mempermalukan corps baju coklat dengan dugaan melakukan pemerasan terhadap beberapa pejabat. 

"Kami menagih janji dari pak Roskanaedi yang mengatakan akan melakukan aksi bersih - bersih terhadap jaksa yang nakal. Jadi perkataan itu harus dibuktikan,  jangan cuma omongan belaka," tegas aktifis 98 tersebut. 

Dijelaskan, sejak tahun 2017 lalu, Gerak sudah melaporkan beberapa  dugaan Pemerasan yg di lakukan beberapa Oknum Jaksa di Lingkungan Kejari Talaud, namun sampai saat ini belum di respon. Padahal beberapa saksi sudah di ambil Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Kalau benar pernyataan Kajati Sulut ini maka saya tantang agar segera mengambil tindakan atas laporan tersebut. Sebab masyarakat Talaud sudah dibuat resah atas tindakan para jaksa nakal tersebut. Kami minta jangan "piara" (lindungi -red) mereka, yang mempermalukan institusi pemberantas kejahatan. Nanti hilang kepercayaan masyarakat pada kinerja kejaksaan," ujarnya. 

Lanjutnya, laporan Gerak di tujukan ke Jamwas dan kemudian Kejagung meminta Kejati Sulut lewat Aswas untuk melakukan pengusutan. Namun sampai saat ini Gerak Sulut belum mendapat laporan hasil penyidikan. 

"Saya minta jangan ada kong kalinkong dalam penyidikan ini. Sebab buktinya sudah ada. Sekali lagi kami minta Kajati Sulut segera ambil tindakan terhadap Kejari Talaud dan anak buahnya, kalau perlu dicopot. Jika ini dibiarkan makan kami akan melakukan aksi di Kejaksaan Agung untuk menindaki para baju coklat yang ada di Talaud," pungkasnya. 

(Tim Kp) 

Terpopuler

Penganiayaan Gunakan Sajam, Lelaki Pengangguran In...
08 Sep 2019 11:45 - Redaksi

Pelaku yang ditangkap.   MANADO kabarpost.com - Tim Lipan Polsek Malalayang berhasil meringkus pe [ ... ]

Jelang Natal, Disperindag Sulut Terus Berkoordinas...
19 Nov 2017 16:12 - Redaksi

Manado, Kp - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut [ ... ]

Mokoagow Terpilih Nahkodai Desa Loyow
18 May 2018 08:49 - Redaksi

Foto bersama usai dilantik jadi sangadi.    BOLTIM kabarpost.com - Tarji Mokoagow resmi dilantik [ ... ]

Bawakan Lagu Nasional dan Daerah di Detik-Detik Pr...
18 Aug 2019 13:00 - Redaksi

300 siswa SMK N 1 Manado yang berkesempatan membawakan lagu-lagu nasional dan daerah dalam peringata [ ... ]

Other Articles