Chandra Paputungan.

 

 

MANADO Kabarpost.com - Melalui surat ini, kami Advokaf Chandra Paputungan, SH pada CHANDRA & PARTNERS Law Office selaku kuasa hukum dari Grace Lowing (Kepala Sekolah SMU Negeri 7 Manado) menyampaikan keberatan dan teguran terkait pemberitaan media online mejahijau.com.

 

 

Paputungan mengatakan, Grace Lowing (Kepala Sekolah SMU Negeri 7 Manado) menyampaikan, keberatan dan teguran terkait pemberitaan media online mejahijau.com. dalam artikel yang berjudul “Polisi Jemput Paksa Oknum Kepsek SMU Negeri 7 Manado", dirilis pada Rabu, 10 Juli 2019 Pukul 12:25:00 di www.mejahijau.com.,"ujarnya, Rabu (10/07/2019) kepada awak sejumlah wartawan dimana

artikel yang memberitakan penjemputan paksa terhadap klien kami Grace Lowing (Kepala Sekolah SMU Negeri 7 Manado) di kantor SMU Negeri 7 Manado, Selasa (9/7) Tersebut.

 

Dikatakan, baik judul maupun kontennya diduga keras cenderung tendensius terutama dalam hal objektifikasi fakta di lapangan saat itu. 

 

'Sikap mejahijau.com jelas melanggar UU Pers No. 40 tahun 1999 pasal 6 ayat (b) yang menyatakan bahwa, pers nasional melaksanakan peranannya dalam mendorong terwujudnya supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia. Berita yang dirilis mejahijau.com, alih-alih mengabarkan fakta di lapangan, justru menitikberatkan pada soal penjemputan paksa,"tuturnya. 

 

"Lebih lanjut Objektifikasi yang dilakukan mejahijau.com diduga mengkerdilkan bahkan menghina klien kami yang notabene adalah seorang Guru, padahal fakta di lapangan saat itu, klien kami Grace Lowing (Kepala Sekolah SMU Negeri 7 Manado) jelas tidak dijemput secara paksa karena bersedia menghadiri panggilan tanpa ada paksaan,"terangnya. 

 

Mantan wapemred disalah satu media menegaskan, rilis berita mejahijau.com ini menunjukkan dengan tegas bahwa mejahijau.com melanggar kode etik jurnalistik Dewan Pers Indonesia dengan beritikad buruk (melanggar pasal 1), mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi (melanggar pasal 3), membuat berita bohong, fitnah (melanggar pasal 4) 

 

Ditambahkan melalui surat ini, kami menuntut : 

 

1. mejahijau.com memberikan hak jawab secara menyeluruh atas pemberitaan yang tercantum di dalam surat somasi ini. 

2. mejahijau.com melakukan permintaan maaf terbuka dan merilis klarifikasi kepada narasumber,

3. Dewan Pers menindak tegas media online yang tidak menjalankan tugas jurnalistik sesuai dengan amanat UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan pelaksanaan kode etik jurnalistik dengan surat teguran dan pengawasan dan

4. Meminta komitmen mejahijau.com untuk berpihak pada keberimbangan pemberitaan termasuk penegakkan hukum berdasarkan keadilan.

 

(tian)

 

Terpopuler

Kalalo Dekan FH Unsrat Yang Baru
21 Nov 2017 10:36 - Redaksi

Manado,Kp - Penjaringan Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado kian pan [ ... ]

Terlibat Narkoba, Lontoh dan Longdong Dipecat Part...
02 Feb 2018 11:30 - Redaksi

Marthen Manopo   MANADO Kabarpost - Karena terlibat dengan pemakaian narkoba beberapa waktu lalu, [ ... ]

Kumaat: Jangan Tertipu Calo
08 Feb 2019 07:59 - Redaksi

    MANADO Kabarpost.com - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat)  Manado Prof Dr Ir Ellen Kumaat, [ ... ]

Pimpin Perayaan Natal Di Bahoi, Ini Pesan Fr.Dkn.M...
25 Dec 2019 10:36 - Redaksi

Fr.Dkn.Malvin Karundeng,Pr...   SANGIHE kabarpost.com - Ditunjuk oleh Pastor Paroki St. Yohanes R [ ... ]

Other Articles
airmadidi
amurang